-->

Cara membuka usaha jual beli HP dengan modal kecil

Ryan jauhari - Sesuatu yang besar itu tidak harus dimulai dari hal yang besar, anda bisa melakukan bisnis ini selagi anda punya niat. Pernah kalian lihat kanal youtube nya low gadget? Yah kak Zaki mubarok, awalnya dia memulai bisnis jual beli HP dengan modal Rp 100.000 saja. Pertema memulai dia menjual HPnya ke grup forum jual beli facebook, setelah hpnya terjual kak Zaki meminjam laptop temanya untuk membuka fb, kemudiam membeli hp secon di grup facebook dengan uang tersebut dan tentunya mencari HP dengan kualitas bagus dan harga yang murah juga.




Kalau tadinya kak zaki menjual hpnya sekarga Rp 850.000, sekarang beli hp second yang lain dengan mencari harga dibawah itu misal Rp 800.000 ,- sehingga tersisa Rp 50.000 kan, nanti kita bisa menadaptak keuntungan lagi dengan menjual HP yang kita beli (siklus ini terjadi berulang / jual beli). Anda bisa memulainya dari cerita kak zaki diatas, pengalaman serta pemahaman tentang hp akan menyusul nantinya.
Seiring dengan semakin seringnya anda bertransaksi, melihat jenis - jenis hp maka wawasan anda akan semakin terbuka luas.

Anda terus menjual dan mencari hp di berbagai grup / forum jual beli disekitar anda, memilih HP dengan kualitas bagus dengan harga yang murah memang bukan perkara mudah. Setelah anda mendapatkan HP, anda bisa menjualnya kembali dengan teman, di grup lain maupun di lapak online shop dengan sedikit menaikan harga dari harga beli anda tadi. Semakin lama, uang cukup terkumpul banyak anda terkadang harus membeli hp lebih dari satu agar hasil nya jauh lebih banyak. Dalam menjalankan bisnis ini ada beberapa hal yang harus perhatikan saat mengecek kondisi, fisik, fitur & keinggulan HP yang anda beli.


  • Abaikan merek (brand).

  • Banyak orang terpaku pada merek sebenarnya merek tidak lah penting, yang penting itu harga yang murah dan fitur yang lengkap adalah tolak ukur HPnya bisa laku. Kak Zaki mubarok dia banyak menjual HP Fujitsu dengan harga murah namun fitur yang sangat berkualitas seperti layaknya HP kelas atas.

  • Periksa semua kondisi.

  • Sebeluma deal anda melakukan transaksi sebaiknya periksa terlebih dahulu kondisi hpnya, mulai dari hardware seperti Jack Audio, Speaker, Kamera, Touchscreen, Baterai, tombol, port usb hingga software akun, firmware, kapasistas penyimpanan dan fitur - fitur yang terdapat pada HP. Periksa semuanya jangan sampai terlewatkan.

  • Jangan membeli HP telah Moddif.

  • Hp yang telah dimoddif terkadang banyak errornya atau berasal dari sumber yang ilegal. Hp yang sudah di root, yang sudah di ubl (unlock boot loader), pernah di flash/ diservis. Sebaiknya jangan beli hp tersebut jika ditemukan tanda - tanda ini.

  • Periksa apa saja kelengkapan HP & Kelebihan.

  • Kelengkapan dan kelebihan hp sangat penting sekali, karena dengan adanya kelengkapan hp tersebut bisa langsung cepat terjual. Beberapa kelengkapan dan kelebihan seperti Charger, headset, Ram dengan kapasitas besar, kamera piksel besar, chipset dengan spek menengah. Masih ada kok orang yang menjual hpnya dengan murah, apalagi kita bisa nego.

  • Ketahui Sumber barang dan riwayat barang.

  • Pastikan sobat menanyakan dari mana sumber barang, dan pernah diservis atau tidak, sudah berapa lama hp sejak membeli. Walaupun ini tidak penting stidaknya menabah pengetahuan kita.


Setelah mendapat keuntungan, sobat jangan terburu-buru mengambil profit, karena kita masih membutuhkan modal terus lakukan bisnisnya hingga sobat bisa membeli 10 HP sekaligus. Memang tidak mudah melakukanya, terkadang kita baru bisa mencapainya dalam waktu 5 bulan. Waktu bukan merupakan patokan, tapi kerja keras kita lah yang merupakan fatokanya. Semakin rajin kita mengunjungi orang penjual HP, mencari info HP terbaru dari penjual hp sobat perlahan - lahan akan mulai dikenal oleh orang sekitar. Manfaatkan peluang itu, biasanya ada beberapa teman kita akan merekomendasikan ke temanya yang lain agar membeli HP ke anda. Anda juga bisa menjualnya dengan memposting ke banyak grup facebook, atau bisa menawarkanya ke teman-teman anda.


Setelah beberapa bulan mungkin saya pastikan anda sudah mempunyai banyak modal, barulah kita memulai bisnis besar-besaran. Sobat tinggal mencari HP murah dengan spesifikasi yang lumayan di Online shop dengan membeli Grosir. Biasanya potongan harga untuk grosir agak sedikit miring, dan untuk menambah penghasilan kita sobat manfaatak berbagai bonus yang ada pada onlineshop tersebut. Seperti gratis ongkir, harga diskon, bonus casback dll.


Untuk penjualan sobat bisa menjualnya lagi ke forum-forum facebook, atau membuat toko dibukalapak, shopee, lazada dan online shop lainya. Tawarkan harga murah, dan fitur yang menonjol agar orang tertarik untuk membeli seperti kamera bagus, layar capacitif, baterai besar pokonya unggulkan beberapa keunggulan yang dimiliki hp tersebut. Pasar di indonesia kebanyak orang-orang dengan ekonomi menengah, jadi bisa dipastikan hp dengan harga murah dan spesifikasi mampuni tersebut bisa cepat laris terjual.


Sampai sisini sudah bisa ditangkap belum cara kerjanya? Sudah kebayang belum sob? Saya tidak jelaskan secara mendetail tapi ini adalah ringkasan yang menurut saya cukup lah buat pemahaman kita, akhir kata terimakasih sudah membaca postingan ini, semoga bermanfaat buat kita semua.

Post a Comment for "Cara membuka usaha jual beli HP dengan modal kecil"