-->

Cara memperbaiki kulkas yang rusak

Cara Servis Kulkas

Ryan Jauhari - Artikel kali ini tidak ditujukan bagi anda yang ingin memperbaiki kulkas sendiri, tapi artikel kalau ini saya tujukan bagi mereka yang ingin belajar menjadi tukang service elektronika khususnya service kulkas. Sebelum bisa melakukan teknik perbaikan terhadap kulkas yang rusak pastikan kamu sudah mengetahui bagaimana cara kerjanya beserta memahami komponen apa saja yang digunakan dalam kulkas tersebut. Bila kamu belum memahami prinsip dasar kinerja kulkas maka kamu akan kesulitan cara memperbaiki, sebelum eksekusi kamu harus menang nyai kelainan terlebih dahulu mengenai kerusakan kulkas tersebut.

Contohnya dalam sebuah kasus ada kelayan yang menginginkan service kulkas, dia mengatakan kalau kulkasnya tidak dingin namun kompresor nya bisa menyala dengan normal. Na pada kasus tersebut kita bisa menebak padaku kas tersebut bisa saja terjadi kebocoran dan semua gas freon nya sudah tidak ada, bisa juga disimpulkan gas freon nya habis atau saluran evaporator tersumbat. Nah setelah menyimpulkan beberapa kerusakan tersebut kamu bisa memahami berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaikinya.

Langkah awal perbaikan adalah mempersiapkan perkakas yang dibutuhkan baru beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan untuk memperbaiki kulkas yang rusak silakan melihat contoh di bawah ini:

  1. Tang Potong
  2. Gunting besi
  3. Obeng Min & Plus
  4. Tang Buaya
  5. Mini Tube Cutter
  6. Manifold Gauge
  7. Tang Ampere
  8. Alat Las & Kawat las Tembaga
  9. Filter Kulkas
  10. Minyak Bensin/Mentli
  11. Freon 134a R22
  12. Kompressor Angin
  13. 1 Ember penuh dengan air

Setelah semua alat diatas dipersiapkan, langkah pertama yang harus kita ambil adalah: Periksa konsumsi arus pada kulkas tersebut serta periksa tegangan masuk yang menuju ke PTC atau Rellay kompressor. Periksa Apakah relay tersebut panas atau tidak, bila relay tersebut panas bisa dipastikan bahwa arus yang masuk ke dalam mesin kompresor 0 karena relay memutus arus saat panas. Bisa disimpulkan bahwa kompresornya mengalami kerusakan, segera ganti dengan kompresor yang memiliki tekanan dan semburan udara yang sama.

Jangan lupa Periksa juga menggunakan tang ampere, periksa seberapa besar arus yang dikonsumsi oleh kompresor saat dihidupkan. Kompresor yang baik akan menunjukkan konsumsi arus yang stabil. Bila kamu tidak menemukan kerusakan pada bagian kompresor dan juga relay langkah selanjutnya adalah memeriksa pada bagian pendinginan.

Dela kan potong pada bagian pendinginan dan Lepaskan Semua jalur evaporator serta kondensor yang saling terhubung. Langkah pertama yang harus kita lakukan adalah memeriksa jalur yang ada pada kondensor tersebut, kondensor bisa saja tersumbat akibat filter yang sudah rusak. Masukkan minyak bensin atau minyak lainya ke dalam kondensor jangan lupa disemprot menggunakan kompresor angin yang sudah kamu Siapkan.

Pastikan angin yang keluar deras dan tidak ada yang tersumbat, Bila terdapat sumbatan sumbatan kecil angin susah keluar atau minyak bersarang di dalam bisa dipastikan kalau kondensor sedang tersumbat. Segera bersihkan kondensor tersebut dengan cara dimasukkan minyak bensin dan kemudian cara membuang nya dengan cara disemprot menggunakan kompresor angin.

Lakukan berkali-kali sampai aliran udara yang ada di dalam kondensor menjadi lebih lancar dan tidak tersumbat. Setelah kondensor dirasa benar-benar bersih langkah selanjutnya adalah membersihkan bagian pada evaporator. Langkahnya sama seperti diatas namun yang harus diperhatikan adalah caranya berbeda, kamu harus memasukkan gas dari bagian yang paling kecil dan dikeluarkan pada bagian yang besar tujuannya adalah agar kotoran bisa keluar.

Setelah benar-benar bersih langkah selanjutnya adalah memeriksa Apakah ada kebocoran pada evaporator maupun kondensor. Lakukan penutupan pada bagian ujung kondensor Kemudian pada ujung satunya lagi kita sambung kan dengan gas freon, namun sebelum menghubung ke gastreon kamu harus menggunakan manifold gauge. Buatlah sambungan tertutup antara evaporator dengan gas freon kemudian rendam evaporator dalam air periksa Apakah ada gelembung udara yang keluar, bila ada gelembung udara yang keluar dari beberapa bagian segeralah tambal menggunakan alat las.

Kemudian lepas bagian ujung evaporator dan biarkan gas keluar pastikan evaporator menjadi dingin dan gas menjadi gas keluar dengan lancar. Langkah selanjutnya adalah memeriksa evaporator Apakah bocor atau tidak caranya hampir sama dengan langkah di atas, dalam hal ini kamu akan menghabiskan lebih banyak gas freon. Maka dari itu dilakukan dengan hati-hati dan hemat lebih banyak gas Taeyeon karena semakin banyak gas freon yang dibuang ke udara maka akan merusak lapisan ozon

Setelah semuanya selesai sudah diperiksa rangkai kembali rangkaian jadi ke bentuk semula kamu bisa menggunakan alat las untuk menghubungkan rangkaian evaporator dan selang selang kecil yang ada, khusus filternya kamu harus menggantinya dengan filter yang baru karena jika menggunakan filter yang ramah bisa jadi kerusakannya bertambah parah.

Setelah sambungan selesai disambung lakukan pengisian freon sambil kulkas dinyalakan, pengisian freon membutuhkan waktu 30 menit sampai dengan 1 jam tergantung tipe orangnya gunakan gauge minimal untuk melihat apakah indikator sudah penuh atau belum

Normalnya tekanan freon dalam sebuah kulkas antara 20 sampai dengan 25 PSI, dan jika kulkas dalam keadaan hidup maka tekanan akan berubah menjadi 0.

Tips Yang saya tulis ini masih belum lengkap dan belum juga disertai gambar, saya akan terus berusaha untuk menyempurnakan ini agar menjadi pedoman yang baik bagi Anda yang ingin belajar menjadi tukang service

Post a Comment for "Cara memperbaiki kulkas yang rusak"