-->

Menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama

Cara menyimpan Laptop dengan baik danbenar

Laptop memang sudah menjadi benda yang kita gunakan sehari-hari, saya saja hampir setiap harimenggunakan laptop untuk bekerja, walaupun bukan orang kantoran penggunaan laptop cukup intens mengingat saya bekerja sebagai fulltime blogger dan juga seorang teknisi elektronika. Tetapi ada sebagian orang yang ternyata tidak mengguakan laptopnya setiap hari. Ada yang menggunakanya sesaat sesudah dibeli saja kemudian didiamkan alam waktu yang lama, ada juga yang menggunakan laptop dikala dibutuhkan saja, stsu mungkin anda ingin menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama.

Misalnya anda mau bepergian ke luar kota dalam beberapa bulan kedepan dan ingin meninggalkan laptop kesayangan anda dirumah, mungkin bagi sebagian orang berfikir dengan menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama bisa membuat laptop itu sendiri lebih awet. ternyata persefsi tersebut salah, kenyataanya menyimpan laptop dalam waktu yang lama dan jarang dihidupkan justru bisa membuat laptop itu sendiri lebih cepat rusak.

Beberapa hal yang saya ketahui kenapa laptop gampang banget rusak padahal hanya disimpan saja, faktornya adalah kelembaban udara. Laptop bila terlalu lama disimpan dan tidak pernah digunakan kemungkinan akan ber-embun, ini bisa membuat komponen dalam laptop mengalami korosi.

Baterai cmos juga akan lebih cepat habis, jika baterai ini habis beberapa setelan dalam laptop kemungkinan akan hilang. Saya sendiri pernah meninggalkan laptop selama seinggu tidak dihidupkan, dan pada saat saya ingin menghidupkanya layar blank berwarna hitam tidak muncul gambar apapun. sempat panik, tapi ya saya biarkan beberpa saat, sesaat saya gerakan cursor. Beruntunglah laptopnya bisa kemali baik setelah saya biarkan beberapa menit, saya tidak tahu apa yang terjadi pada laptop ini.

Jika laptop memang jarang kamu gunakan atau frekuensi penggunaanya sangat rendah, ada baiknya kamu melakukan penyimpanan dengan teknik khusus agar laptop yang kamu punya bisa bertahan lebih lama lagi. Ada beberapa tahapan yang harus kamu lakukan sebelum menyimpan laptopmu, berikut ini beberapa tahapan:


Simpanlah Laptop pada tempat kering

Kamu tidak boleh menyimpan laptop pada ruangan yang ber-ac, ruangan dingin memiliki kelembaban udara sendiri. Dingin juga bisa membuat butiran-butiran air bermunculan, contohnya gelas yang diisi dengan es batu pasti kamu akan melihat padaa bagian luar gelas tersebut basah hal ini terjadi karena adanya pengembunan dari air yang berada di udara. Sebaiknya simpanlah laptopmu pada tempat dengan temperatur sedang tanpa ac, suhu ruangan biasanya berkisar antara 20 - 25 derajat celcius. Kamu bisa meletakan laptop diatas meja tidur aau lemari, posisikan laptop dala keadaan tertutup jangan meletakan benda lain diatasnya.


Lepas Baterai Pada Laptop

Jika baterai masih terpasang laptop akan terus dialiri listrik, membiarkan baterai tetap terpasang juga akan membuat baterai kehabisan daya. Pada posisi mati sekaligus laptop sebenarnya masih mengonsumsi daya baterai namun dlam jumlah yang sangat kecil, jika kamu ingin menyimpanya dalam waktu yang lebih lama sebaiknya lepaskan saja baterai pada laptop. Baterai laptop dibuat menggunakan lithium baterai ini sangat rentan terhadap kondisi tertentu, bahan lithium akan berubah jika baterai sudah terlalu kosong, bahan ini juga bisa meledak apabila dikenai suhu yang panas. Berbeda lagi jika laptop yang kamu punya sudah dilengkapi dengan baterai tanam, sistem baterai tanam jauh lebih modern dibandingkan baterai yang bisa dilepas.


tempatkan laptop pada tempat aman

Tempat aman adalah tempat yang bebas dari guncangan dan debu, guncangan bisa merusak media penyimpanan hardisk anda, debu juga bisa membuat bagian dalam laotop menjadi kotor. Sebagian debu pada laptop apabila sudah menempel maka akan sangat sulit sekali dibersihkan, jangan menyimpan laptop sambil dibuka itu bisa membuat layar lcd terkena paparan debu. Saya saja harus setiap hari membersihkan laptop dari paparan debu padahal kamar saya lumayan bersih.


Itulah beberapa tips agar kamu bisa menyimpan laptopmu dalam jangka waktu yang lama, sebaiknya sesekali hidupkan laptopmu setelah 2 minggu disimpan. Jangan biarkan laptopmu disimpan dalam waktu yang lebih lama tanoa dialiri listrik, kita tidak tahu apa yang akan terjadi kedepanya. Kamera voyager saja tidak pernah diaktifkan jadinya membeku sudah tidak bisa lagi diaktifkan.

Post a Comment for "Menyimpan laptop dalam jangka waktu yang lama"