-->

Situs berita Tribunnews diretas Hacker

situs web tribunnews diretas

Ryan jauhari - Situs tribunnews yang paling banyak dikenal kita dijagat maya diretas oleh hacker indonesia, sudah satu jam berlalu ketika saya melihat situs webnya masih saja tertulis hacked by astarganz dengan dibarengi backsound irama musik dilayar belakang. Saya tidak yakin apakah situs kelas besar ini diretas atau tidak, akhirnya saya melihat google.

Saya coba mencari beberapa berita yang dipublikasikan oleh situs sebesar ini, hasilnya halaman masih bisa dilihat. Ya tidak menganggu karena halaman web mobilenya menggunakan amp dari google, karena sudah terlalu penasaran akkhirnya saya buka lewat pc dan wow. Sangat mengagetkan, ternyata benar situs web berita ini kena hacker.

Saya juga ikut senang, apalagi sebelumnya saya punya rasa jengkel dengan situs berita nomor satu ini. Faktanya situs ini selalu membagi-bagi berita menjadi beberapa halaman, dan yang lebih parahnya lagi mereka menayangkan iklan video yang diputar secara otomatis.

Saya marah karena situsnya nyampah di halaman pertama gooogle, hal ini tentu saja bikin saya tidak bisa mengakses informasi dengan cepat. kalau masalah artikel yang dibagi menjadi beberapa halaman itu tidak masalah, hanya saja menayangkan iklan menganggu apalagi video yang diputar otomatis itu membuat kita marah. Kuota yang saya punya sedikit tidak banyak, sangat disayangkan kalau bisa habis 200mb hanya untuk membaca berita di situs tribunnews.

Belum puas saya coba buka beberapa halaman lainya, sisanya ada halaman artikel not found yang saya dapatkan. Sebenarnya seberapa sulit menanganti kalau situs kita kena hack? Treibunews saja satu jam masih kelitahat kalkau situsnyadi hack. simal penjelasan dibawah ini.

Hacker menggunakan program untuk memanipulasi semua file program menjadi dokumen biasa / html dan apabila kita tidak menyimpan cadangan scrippt website kita akan sangat sulit memperbaikinya. Misalnya kamu punya website, dalamnya ada file index.php gimana kalau isi file index.php tersebut diganti sama hacker pasti akan sulit kan mengembalikanya. Bukan cuma sulit, tapi nggak mungkin deh. Hacker pasti akan menginfeksi atau mengganti isi dalam file lainya.

Cara mengatasinya agar lebih cepat adalah dengan menginstall ulang cms yang kita gunakan, sementara databasenya kalau belum disentuh oleh hacker masih bisa diselamatkan. Apakah tribunnews punya data cadangan? Saya tidak tahu, sebab saya baru mengetahuinya satu jam kemudian setelah banyak yang posting kalau situs tersebut diretas.

Keamanan siber sangat penting bagi kita, lihat ketika data kita diretas pasti akan sulit mengembalikanya ke semula. Diretas sama halnya dengan di enkripsi oleh ransomware, bedanya kalau diretas data kita hilang bisa juga jatuh ke tangan orang yang salah. Tapi kalau terkena ransomware data kita hanya dienkripsi, sedikit celah bagi hacker kalau data kita bisa dikirim karena data itu banyak belum tentu orang punya akses internet yang kencang buat terima dan kirim data.

cukup mengerikan ketika peretasan terjadi, proses perbaikan bisa jadi membutuhkan waktu yang lama. terlebih lagi bagi kalian yang tidak menyimpan cadangan data situs web, disinilah kita belajar betapa pentingnya melakukan pencadangan data situs web secara berkala agar suatu saat ketika kita dalam masalah bisa lebih epat memulihkan data website kita.

Selain data cadangan keamanan juga penting, hacker menggunakan beragam metode untuk bisa menembus keamanan situs web. Dunia siber lumayan menakutkan, tapi jangan pernah takut hadapi dengan belajar. Saya belajar mengenai pemrograman web sejak tahun 2015 lalu pada masa itu saya hanya memanfaatkan hp blueberry jadul, pelajari juga tentang cara menutup celah keamaman situs web kita.

Apakah tribunews akan berakhir sampai disini? tentu saja tidak mereka sedang mencari cara bagaimana agar bisa memulihkan situs web mereka, bisa saja bernegosiasi dengan para peretas. Karena saya pernah mengalami mengembalikan data yang hilang itu cukup sulit bahkan lebih sulit dibandingkan membuat blog baru di blogge.com, buat temen-temen jangan lupa ya pesan ka ryan diatas selalu buat cadangan atau salinan data secara berkala dan jangan lupa juga buat menjaga kemananan website kita dengan mengupdate software yang disediakan. Tutup semua bugs yang ada, halaman login sekalipun sembunyikan dari jangkauan google, tujuanya tak lain adalah agar data kita tetap aman.

Peretas bisa saja sewaktu-waktu menemukan celah keamanan yang berasa dari situs kita, jangan berharap semua link bisa diindexs oleh google. Sebagian url pada blog kita tidak sepenuhnya aman dan boleh dibagikan. Ada kalahnya url tersebut berbahaya bila diketahui orang lain, saya pernah menyimpan token pada url tapi beruntung tidak ada orang lain yang mengetahuinya. Jika ada bisa kebuka semua data-data situs web yang saya gunakan.

Post a Comment for "Situs berita Tribunnews diretas Hacker"