-->

Penyebab HP mati total akibat konek ke Speaker Aktif

Ryan jauhari - Kejadian smartphone mengalami mati total, tidak bersuara, logo earphone selalu terpasang akibat disambungkan ke speaker aktif memang sering terjadi. Meskipun langkah, sebenarnya speaker aktif tidak merusak dari smartphone itu sendiri. Kamu pasti penasaran kenapa smartphone mengalami kerusakan saat konek ke speaker aktif, nah pada artikel kali ini kak Ryan akan mencoba mengulas kenapa bisa terjadi beserta tips menghindarinya.

Speaker aktif atau speaker yang sudah dilengkapi dengan power amplifier memiliki daya tersendiri, meskipun pada bagian input sekalipun masih terdapt aliran listrik kecil dalam bentuk gelombang ac. Nah sedangkan pada smartphone, semua jalur earphone sudah ada listriknya baik jalur mic, speaker kecuali pasif / Ground. Bila jalur mic dan negatif dikenai aliran listrik dari luar bisa membuat IC audio short (Hubung Singkat), shortnya id ini bisa berujung ke IC lainya kasusnya bisa mengarah ke IC power.

Tapi beruntung baterai smartphone mempunyai sirkuit protektot tersendiri, sehingga begitu terjadi hubung singkat aliran listri terputus. Komponen yang ada dalam Smartphone tidak akan terbakar, selain listrik kecil ada juga listrik ac yang sangat berbahaya bagi komponen digital. Kalau kamu mau tahu seperti apa listriknya, cobalah tempelkan obeng tespen ke laptop/pcmu pada saat kondisi dicharger pada listrik PLN. Tempelkan obeng tersebut pada material besinya, pasti lampu tespen akan menyala redup. Itu menandakan masin adanya aliran listrik AC namun kecil, bila diraba dengan tangan aliran listrik tersebut terasa seperti kena strum ringan.

Oleh sebab itulah kamu diminta memegang bagian besi dari laptop saat hendak memasang USB flasdisk, listrik ac kecil ini sangat berbahaya bagi komponen digital. Saya pernah juga menemukanya di ujung solder, sekarang bagaimana sudah paham kan kenapa smartphone bisa rusak saat dikoneksikan ke speaker aktif? Setelah kamu memahaminya sekarang kita ke tahap pencegahan.


Tips mencegah HP Rusak saat bermain Speaker Aktif

Kabel Aux VS Bluetooth Audio Receiver

Kamu bisa menggunakan modul wirelless, sudah banyak kok yang menjual modul bluetooth. Modul ini bisa digunakan untuk menghubungkan suara dari HP ke speaker aktif, gunakan modul yang sudah mempunyak jack audionya tersendiri. Harganya cukup murah hanya kisaran Rp 50.000 hingga Rp 100.000 di toko online, dengan hadirnya sirkuit Bluetooth 5.0 membuat modul wirelless bluetooh bisa ditemukan dengan mudah di toko online.

Jika malas kamu bisa membeli Mixer yang sudah dilengkapi dengan fitur bluetooth. Saat ini sudah banyak kok, produk digital dengan dilengkapi modul wirelless bluetooth. Bukan cuma HP, ada smarthome bluetooth, speaker portabel bluetooth, mic bluetooth, mouse bluetooth, mixer bluetoooth, cctv bluetooth, printer bluetooth, dan masih banyak lagi. Wirelles memungkinkan kita bisa menghubungkan satu perangkat dengan perangkat lainya tanpa membutuhkan kabel, saat ini generasi teknologi bluetooth sudah mencapai generasi ke 5.0.

Produk eardots xiaomi adalah salah satu heatset wirelless pertama yang menggunakan teknologi bluetooth versi 5.0, versi yang lebih tinggi sangat optimal. Mudah terkoneksi dan bisa digunakan secara bersamaan dalam satu waktu, selain itu juga memungkinkan transfer data yang lebih cepat dari versi awalnya. Kehadiran alat wireless serbaguna ini dipengaruhi karena ditemukanya chip (IC Bluetooth) mini yang bisa di aplikasikan ke perangkat apa saja.


Koneksi ke Lebih banyak Amplifier

Gunakan kabel AUX untuk menghububgkan ke lebih banyak amplifier, misal kamu mempunyai lebih dari satu amplifier kabel audio aux bisa digunkan untuk membagi suara ke amplifier lainya. Semakin banyak amplifier yang kamu butuhkan maka kamu membutuhkan lebih banyak channel dalam Mixer yang digunakan. Sedangkan modulnya cukup satu saja, kita ketahui kalau jenis perangkat audio tidak bisa dihubunkan ke perangkat yang sama dalam satu waktu secara bersamaan.


Sekarang sudah paham kan, saya walaupun belum pernah mengalaminya tapi pernah mendengarkan kasus yang dialami teman-teman. Saya juga pernah mendapatkan user yang ingin menyervis hp nya dengan kasus logo headset masih terpasang meskipun kabelnya sudah dilepas dari HP. Menurutnya gejala awal terjadi karena sering dihubungkan dengan speaker aktif.

Proses memperbaikinya cukup rumit saya harus mengangkat ic audio barulah hp bisa menyala dengan baik. Tapi tanpa menggunakan sirkuit audio hp tersebut tidak mempunyai suara, jadi karena stok cadangan ic tidak ada terpaksa saya mencari kanibalan dari HP lainya dengan type yang sama. Semua biaya proses reparasi menelan dana 75ribu hanya karena kasus spele, si user bilang kalau hp nya habis dihubungkan ke speaker aktir merk Blazzeer yang gede itu.

Tapi tak disangka setelah dicabut beberapa saat dia baru menyadari kalau hpnya tidak bisa lepas dari mode Headset, hampir semua suara yang keluar tidak bisa didengarkan. Bahkan suara telepon sekalipun tidak bisa didengarkan, buat kalian hati-hati ya. Jangan sampai kejadian spele bisa membuat kita rugi lebih banyak.

Post a Comment for "Penyebab HP mati total akibat konek ke Speaker Aktif"