-->

Biar gak tertipu membeli motor bekas harga 3 jutaan

Tips Membeli Motor bekas

Blog kak Ryan - Banyak banget motor yang dijual dengan harga murah dibawah standar harga pasaran, motor dengan rentang harga murah adalah keluarga Mio, motor ini sering dibanderol dengan harga mulai dari 2 jutaan. Saya paham, ada sebagian dari beberapa teman yang mungkin tidak memahami seputar pemesinan atau mungkin belum pernah punya motor. Sehingga bisa saja tertipu dengan motor bekas yang harganya sangat menggiurkan, sebelumnya saya mau berbagi cerita terlebih dahulu apa yang saya alami pada bulan lalu.

Cerita Pengalaman Saya :

Saya ingin mempunyai kendaraan pribadi agar bisa bepergian, dan dipakai buat ngojek juga sebelum mendapatkan pekerjaan. Demi menjalankan keinginan tersebut, saya menjual beberapa barang berharga yang saya miliki, didapatlah uang 3.265.000,-. Rencananya saya mau beli motor matic diharga 3 jutaan yang masih layak dipakai, kemudian saya minta tolong adik saya agar dicarikan motor seharga 3 jutaan.

Tidak butuh waktu lama dapetlah motor samping rumah adik saya, karena butuh cepat akhirnya saya beli diharga 2.900.000. Sebelum membeli memang sudah saya cek kondisinya, karena saya awam (gak ngerti) proses pemeriksaan hanya dijalanin dijalan raya, dan dihidupkan nyala oke. Penjual menjelaskan tinggal ganti bolah lampu sein sama beli baterai baru.

Kemudian saya tanya lagi, kenapa itu habis diengkol gak di gas bisa ngegas sendiri suara mesin makin ngaung. Penjual juga bilang, itu karburator sengaja disetel begitu agar mesin bisa lebih cepat menyala (campuran basah). Sebelumnya adik saya punya usul kalau motornya dibawa pulang dulu cek dirumah baru besok bayar, tapi penjual tidak memberi izin dengan alasan takut kena tilang polisi.

Ok, deal saya bayar cash ditempat. Saya percaya dengan apa yang dibilang oleh penjual, ada juga adik saya bilang masih bagus cuma hanya kotor saja. Perjanjian saat beli motor tidak bisa dikembalikan, disinilah saya galau biasanya saya beli barang bekas itu ceknya lama dan bisa dikembalikan kalau ada yang gak sesuai tapi ini kok malah begini.

Karena butuh tetep saya cash, motor saya bawa pulang ke rumah dan pada malam harinya saya cek ke bengkel. Awalnya mau memperbaiki lampu sein, karena nggak ada baterai terpaksa harus hidupin mesin agar lampunya hidup. Eh pas habis diengkol pihak bengkel curiga kenapa ini ngeggas padahal gak diputar pedal gasnya.

Bengkelpun mulai membongkar mesin pada bagian karbu, jadi bengkel bertanya motor siapa ini? Saya bilang saya beli harga 2.9 juta langsung kaget pihak bengkel. Dia menjelaskan karbu sudah tidak normal lagi, lampu sein 2 buah putus, ini juga tombol dan flashernya sudah rusak. Selain itu bengkel juga menilai ban yang sudah tipis, sayap body sudah tak menggunakan mur/baut bawaan lagi, engkol tidak mau kembali ke posisi semula.

Jadi kata bengkel ini motor akal-akalan, beli 2.9 juta kemahalan ditipu kamu dek. Saya langsung shock, bingung mau gimana lagi dan pada saat itu juga saya langsung menghubungi adik saya. Harga 2.9juta minta jajan banyak banget, lampu sein, baterai, karbu, jok sobek, tuas engkol, ban tipis, pokonya banyak deh kalau ditelusuri.

Kata bengkel motor dengan kondisi seperti ini 2jutaan saja udah dapet, kemahalan 2.9 juta. Ya mau gimana lagi, terpaksa deh saya jual. Dana saya sisa 200ribuan buat beli perlengkapan motor seandainya motor ini bagus bisa langsung saya pakai belajar ngojek, tapi naas saya mendapatkan motor buruk. Buat temen-temen jangan sampai sama seperti saya, berikut ini saya kasih tips sebelum cash membeli Motor bekas.

Rencanakan Harga & Biaya perbaikan

Motor bekas pasti mempunyai minus (kerusakan tertentu) yang harus kita perbaiki. Motor bekas yang layak pakai biasanya kerusakanya tidak terlalu parah harganya juga sedikit lebih mahal, persiapkan semua dana yang akan kamu gunakan. Gunakan perhitungan lebih, misal kamu ingin membeli motor 2 jutaan siapkan dana minimal 3.5 juta buat membeli sparepartnya nanti.

Jangan tergiur dengan harga murah, pastikan kamu selalu waspada. Pahamlah orang jual murah agar lebih cepat laku, dibalik harga murah pasti ada kerusakan yang lebih banyak dan harus diperbaiki dengan harga yang gak murah. Sebelum cari motor di facebook ada baiknya cari dengan teman kenalan sekitar, lebih enak bisa meminimalkan resiko kena tipu.


COD di Bengkel Terdekat

Lakukan pemeriksaan kesehatan motor dibengkel terdekat, bilang ke bengkel suruh periksa dari semua kondisi mesin, engkol, kelistrikan, semua tombol, rem, oli pokonya semuanya deh. Kamu hanya perlu mengeluarkan uang 45ribu buat periksa semua bagian motor, dengan memeriksakanya dibengkel kamu bisa mengetahui dengan pasti apakah masih layak atau tidak. Apabila ditemukan kerusakan lain maka harga jual bisa turun, atau kamu pasti kefikiran tidak ingin membelinya.

Tanya juga ke pihak bengkel mengenai minus / kekurangan yang ada, kira-kira berapa biaya perbaikanya. Dengan begitu kamu tahu seberapa besar biaya yang harus kamu keluarkan mulai dari pembelian serta perbaikan nantinya. Penjual yang tidak jujur pasti tidak akan mengizinkan, apabila penjual tidak mengizinkan motor dibawa ke bengkel lebih baik batalkan transaksi.


Periksa keamanan dan kelengkapan surat

Surat-surat kendaraan menjadi pengaman yang paling penting, surat bisa membuat kita menjadi bee-urusan dengan hukum. Membeli motor STNK Only atau disebut juga surat sebelah harus paham kejelasan asal motor dari mana. Apakah BPKBnya hilang atau digadai, pokonya kamu harus tahu. Mintalah penjelasan penjual mengenai surat dan asal mula motor yang akan kamu beli.

Periksa juga STNK nya, apakah asli atau palsu. Cocokan STNK dengan nomor kerangka motor, serta TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor / Plat Nomor). STNK berkaitan dengan pajak, periksa berapa tahun pajak nya mati. Kalau sudah mati lebih dari 5 tahun artinya STNK sudah diblokir kamu sama saja dengan membeli motor yatim piatu.

Lebih baik membeli motor yang jelas asalnya, tangan pertama, membeli motor surat sebelah ya ragu-ragu menggunakanya. Selalu kucing-kucingan kalau lagi ada Razia dijalanan, lebih enak beli motor dengan surat komplit. Motor bodong berbahaya karena bisa jadi itu merupakan hasil dari tindak kejahatan. BPKB hilang bisa jadi motor hasil pelarian dari leasing (ada kredit gadai BPKB tapi gak bayar akhirnya motor dijual gelap), bisa juga motor hasil beli kredit yang belum lunas.

Jadi cari yang lebih aman saja, mending surat lengkap walaupun Pajak mati kita masih punya HAK dasar hukum yang kuat atas kepemilikan motor. Punya BPKB saja gimana? bagus juga, dengan BPKB kamu bisa dibuatkan STNKnya. Beda lagi jika hanya punya STNK tidak bisa dibuatkan BPKB, kena tilang bisa panjang kasusnya.


Sekarang bagaimana? Apa kamu sudah paham bagaimana cara membeli motor bekas yang baik. Walaupun kita tidak memahami seputar pemesinan, setidaknya kita masih mengetahui apakah masih layak dipakai atau tidak. Bengkel tidak mungkin menipu, hanya dengan mengeluarkan sedikit uang periksa secara menyeluruh kondisi motor. Kalau jual beli di facebook itu, ada dua jenis keunikan yang pernah saya temui. Pertama penjual butuh uang akhirnya ia menjual barangnya dengan harga murah, kedua orang yang sengaja menjual barangnya karena sudah rusak.

Post a Comment for "Biar gak tertipu membeli motor bekas harga 3 jutaan"