-->

Cara hapus data whatapps bikin Lag

Cara menghapus data whataaps

Blog kak Ryan - Memory merupakan komponen yang sangat penting dalam mendukung sistem kerjanya smarphone. Tanpa unit penyimpanan memory, sudah pasti smartphone tidak akan ada. Dalam kegiatan sehari-hari, kita menggunakan banyak aplikasi yang bisa membuat data selalu bertambah.

Hal ini terjadi karena ponsel android menyimpan semuanya, data pesan masuk, data log system, data cuplikan gambar mini, dan berbagai file media lainya. Di WhatApps semakin sering kamu menggunakanya, maka semakin cepat data yang terkumpul. Apalagi jika kamu bergabung ke banyak grup yang anggotanya lumayan banyak, dalam satu hari saja ada ribuan pesan yang diterima.

Berkurangnya kapasitas penyimpanan tentu saja akan mengganggu kinerja dari ponsel itu sendiri. Setiap satu detik saja aplikasi berjalan ponsel menyimpan data log system, cookie, dan beberapa data. Salah satu aplikasi yang mengundang perharian adalah whataapps...

Tak tanggung-tanggung dalam satu minggu ponsel saya mengumpulkan 1GB data dari aplikasi whatapps belum lagi app lainya, data tersebut sangat besar sekali. Hal ini terjadi karena intensitas pengunaan wa memang cukup tinggi, hampir semua teman saya menggunakan wa untuk saling terhubung. Lalu bagaimana caranya agar data wa tidak selalu menghabiskan penyimpanan? Panduan dibawah ini mungkin cocok kamu coba.


Selalu Rutin menghapus data Whatapps

Simpan semua data penting yang sudah kamu terima dari whatapps, kemudian lakuka pembersihan data. Caranya bisa langsung menghapus semua pesan yang diterima beserta filenya satu persatu. Pada grup chat masuk ke dalam obrolan grup tersebut, kemudian plilih opsi menu, lalu pilih hapus percakapan, jangan lupa centang hapus media dari perangkat.

Lakukan tips diatas untuk semua chat yang masuk, jangan pernah menganggap penting sebuah chat whatapps yang bisa membuatmu sayang menghapusnya. Menghapus data lebih baik daripada mengorbankan hp jadi bootlop karena kebanyakan data. Lakukan kegiatan ini secara rutin minimal setiap satu minggu sekali.

Menghapus data itu penting, bshkan lebihbpenting lagi untuk menjaga hanphone agar tidak lemot. Semakin sering kita menggunakan suatu aplikasi maka cachenya akan semakin banyak, data yang dikumpulkan oleh aplikasi ini bisa memenuhi ruangan penyimpanan. Biasanya bagi kebanyakan orang lebih suka menggunakan cleaner atau aplikasi pembersih ram untuk menghapusnya, tapi hal tersebut cukup berbahaya. Sebab ada beberapa file aplikasi penting yang ikut terhapus tanpa kita ketahui. Terkafang bisa menyebabkan aplikasi error saat dijalankan.


Keluar dari Grup tak penting

Biasanya kebanyakan dari kita semua sering masuk grup whatapps yang tidak terlalu penting, entah diundang teman atau hanya iseng klik link grup dari facebook. Grup tersebut menghasilkan banyak data, apalagi kalau anggotanya banyak. Tidak cukup hanya dengan dibisukan saja, hanphone kita akan terus menerima pesan masuk selama masih ada koneksi internet. Cara terbaik adalah keluar dari grup tersebut lalu lakukan penghapusan pesan dan media yang terkait dengan grup sebelumnya.


Hindari Bomb pesan WhatApps

Terkadang ketika memasuki grup chat tiba-tiba ponsel anda mengalami hang atau lag. Bergerak lambat jika disentuh, tahu apa penyebabnya? Penyebanya ada oknum jahil yang sengaja mengirimkan pesan dengan karakter unik yang melebihi batas wajar. Dalam satu pesan mungkin ukuranya lebih dari 10MB, pesam tersebut tidak dikirim dari ponsel melainkan dikirim menggunakan whatapps versi web. Hal inilah yang menyebabkan ponsel berjalan lambat, langkah terbaik yang harus kamu lakukan adalah keluar dari Grup dan hapus semua pesan masuk dari grup tersebut termasuk medianya.


Batasi Jumlah Kontak

Buat kamu yang tidak mempunyai banyak kepentingan, sebaiknya tidak perlu membagikan nomor ponsel di sosial media. Kalau perlu hapus kontak lama yang sudah tidak penting lagi. Semakin banyak kontak yang kita simpan maka akan semakin banyak pula pesan yang bisa kita terima, tentu saja akan membuat memory penuh dengan cepat.

Baca juga:

Tapi jika kamu menggunakan whatapps untuk keperluan bisnis, tidak ada salahnya menyimpan beberapa kontak. Yang penting, kamu harus menyeimbangkan antara penyimpanan dengan penambahan data. Caranya mudah, dengan rutin membersihkan semua data yang tidak dibutuhkan lagi setiap minggu.


Penambahan data tidak hanya terjadi pada layanan pesan saja, tapi juga saat kamu melihat story. Ketika melihat story berupa foto maupun video, maka konten tersebut akan di unduh untuk pertamakalinya dan disimpan dalam pensel kita. Semakin sering kamu melihat story baru maka semakin banyak data yang di unduh, tapi tenang data story akan dihapus secara otomatis setelah batas masa berlakunya habis (24jam) sejak story dipublikasikan.

Jaga ponselmu agar selalu berada dalam kondisi normal, tidak berlebihan. Dampak paling berat akibat kebanyakan data ialah bootlop, biasanya terjadi ketika program sudah tidak mampu lagi menulis ke dalam memory. Jika sudah bootloop pasti bakalan keluat banyak uang untuk memperbaikinya.

Mungkin hanya itu yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keseimbangan agar memory pada ponsel pintar tidak cepat penuh ketika menggunakan layanan berkirim pesan instan dari whatapps.