-->

Cara Mengatasi Chrome Keluar sendiri di Android

Google chrome sering keluar sendiri di android

Blog kak Ryan - Beberapa hari belakangan ini saya merasakan keanehan ketika menggunakan browser chrome di android. Kondisinya tidak seperti biasanya, terkadang sering lag atau keluar sendiri tanpa sebab. Saya yakin, kasusnya bukan karena disebabkan oleh crash karena pada saat masalah terjadi tidak ada pesan warning apapun yang keluar. Hanya saja lemot, layar perlu waktu beberapa detik untuk menampilkan daftar ikon-ikon menu.

Kalau dilihat dari aktifitas saya, memang jarang sekali membersihkan browser. Riwayat jelajah, cache, dan cookie. Menurut saya kalau menghapus data tersebut akan menyulitkan saya mengingat situs-situs yang pernah saya jelajahi. Bukan cuma itu, terkadang kita harus login ulang karena cookie sudah dihapus. Makanya saya jarang sekali membersihkan data browser.


Cara mengatasi chrome sering keluar sendiri Android

Tips sudah saya buktikan dan berhasil, tapi saya tidak bisa menjamin apakah bekerja dengan baik pada perangkatmu atau tidak. Coba dulu, mungkin bisa berhasil.
  • Hapus data browsing, jadi buat kamu yang jarang banget bersiin browser mulai sekarang buat jadwal deh. Minimal 1 minggu satu kali dibersiin, dan data yang wajib dibersiin itu cache, history, data situs. Cuma itu kok, kalau kamu mau hapus cookie juga boleh. Kalau hapus cookie kamu bakalan ter-log out dari berbagai situs.


  • Update browser secara berkala, kalau udah ada notif pembaruhan segera update saja. Kemungkinan pada browser lama bisa saja terdapat bug, kita nggak tahu. Apalagi versi android juga terus meningkat. Biasany aplikasi versi jadul tidak akan kompatibel lagi.


  • Jangan menjelajah situs aneh, misalnya ada giveaway atau ada hadiah-hadiahnya gitu. Jika kamu dibawa secara otomatis ke situs iklan, langsung saja tutup tab dan hapus history jelajah. Iklan bisanya menyimpan kode rumit dalam cache yang menyebabkan browser kebaratan saat membacanya kembali.



Cukup mudah bukan, jika terlalu sering digunakan namun datanya tidak dihapus bisa jadi ukuran aplikasi menjadi besar. Bisa memakan semua ruang penyimpanan pada androidmu, saya pernah 2 bulan tidak menghapus data browser karena sayang kalau lupa dengan hostory. Dampaknya aplikasi browser chrome saya jadi gajah, ukuran datanya 2GB lebih.

Wajar saja ketika saya jalankan, dalam selang beberapa saat langsung keluar sendiri. Bila kamu juga merasakan dampak yang sama cobalah terapkan tips yang saya berikan diatas, lalu mohon berikan masukan pada kotak komentar dibwah ini.

Bagaimana setelah melakukan tips tersebut? Apakah browser sering keluar sendiri sudah bisa diatasi.


Tips Menghindari chrome browser sering keluar sendiri

  • Pastikan kamu rutin menghapus data browser minimal seminggu sekali, pentingnya menghapus data karena browser terus mengumpulkan data setiap kali kita menjelajah halaman web.


  • Gunakan AdBlock pada situs web yang mengandung banyak iklan, apalagi situs yang menayangkan iklan hamparan layar. Jika tidak tersedia, buat daftar situs yang diizinkan untuk menggunakan javascript dan tambahkan situs tersebut kedalam daftar blokir javascript.


  • Khusus penggunaan pada smartphone sebaiknya kamu membatasi penggunaan cookie dan cache. Ukuran data yang terlalu besar pada cache menyebabkan browser kesulitan membacanya lagi.


  • Selalu gunakan aplikasi chrome versi baru, tapi sebelum memperbaruhi hapus data browser terlebih dahulu. Apabila kamu masih menginginkan data penting dalamnya seperti password tersimpan, bookmark, dan history favorte lakukan singkronisasi dengan akun Google.



Mungkin hanya itu tips yang bisa saya bagikan, perlu diketahui saya sudah menerapkanya. Dampaknya memang benaran terasa, browser chrome miliku sudah tidak keluar sendiri lagi. Sekarang giliran kamu mencobanya. Perlu saya tekankan lagi, setiap hp memiliki masalah yang berbeda-beda. Tips diatas hanya sekedar pengalaman yang pernah saya coba dan berhasil, kemungkinan tipsnya bisa saja berhasil bisa juga tidak.