-->

Nulis Blog di Smartphone enaknya Pake Keyboard apa?

Dari sekian banyaknya pengguna internet diindonesia, kebanyakan didominasi oleh pengguna ponsel. Smartphone merupakan satu-satunya ponsel yang bisa digunakan untuk mengakses internet dengan biaya murah. Bukanya baru, internet menggunakan ponsel diindonesia sudah dilakukan sejak tahun 2007 lalu. Kalau kamu pernah menggunakan ponsel java atau symbian pasti kamu bakalan mengenal dunia Blog Mobile pada waktu itu.

Tidak dipungkiri lagi kalau kebanyakan yang menulis menggunakan HP, salah satunya saya. Tahun 2013 lalu saya membuat blog pertama di MyWapBlog dan semuanya saya kerjakan menggunakan ponsel. Harga ponsel android masih mahal saat itu, saya hanya menggunakan ponsel java.

Walaupun hanya sekedar menggunakan ponsel, tapi kegiatan mengetik masih bisa dilakukan dengan cepat. Tergantung seberapa familiar jari tangan anda, semakin hafal dengan letak posisi huruf yang akan diketik maka akan semakin cepat dalam mengetiknya.

Kegiatan dari tahun lalu masih saya pertahankan hingga kini, buktinya kamu bisa lihat sendiri. Mulai dari desain blog ini, hingga artikel-artikelnya saya buat menggunakan HP.

Apakah tidak pernah capek jari? Pernah capek tapi itu hanya sementara, karena saya sudah terbiasa menulis menggunakan keyboard virtual HP dengan desain Querty. Terkadang bukanya pegal, yang ada malahan rasa malas.

Saya sudah pernah mencoba mengetik menggunakan keyboard, pertamakali belajar itu rasanya gimana gitu. Mau ngetik satu huruf saja saya butuh beberapa detik mencari dimana letaknya tombol tersebut 😅

Tapi sekarang sudah lumayan agak lancar walaupun masih sering typo (Salah ketik). Tapi kalau dilihat dari keterampilan mengetik saya, jauh lebih cepat menggunakan android dibandingkan keyboard.

Entah kenapa apa mungkin jari saya tidak terbiasa dengan papan tombol atau mungkin ada hal lain. Buat kamu yang sudah terbiasa dengan keyboard fisik mungkin lebih memilih menggunakan keyboard fisik dibandingkan mengetik secara langsung di android.

Nah buat kamu yang sering pegel tanganya, bisa cobain keyboard fisik yang sudah bisa tersambung ke smartphone. Tidak harus punya laptop/PC menggunakan hp saja sudah cukup, tapi saya sarankan kamu belinya keyboard wirelless bukan menggunakan USB Receiver. Pilihlah yang menggunakan konektifitas bluetooth. Dengan memilih keyboard bluetooth maka bisa terkoneksi ke perangkat apa saja laptop, hp, tablet, atau ponsel lainya. Jadi nggak perlu takut kalau smartphone kamu tidak support USB OTG.

Harga berfariasi tergantung kualitas dan jenis keyboard yang kamu pilih. Sebagai percobaan saya memilih keyboard mini bluettoth seharga 70ribuan, kalau sekarang harganya mungkin sekitar 80-100 ribuan. Nggak ada merek, tapi lumayanlah dengan harga segitu bisa dapet keyboard wirelles bluetooth.
Keyboard Bluetooth wirelless


Kamu hanya butuh uang 80ribu saja sudah bisa mendapatkan keyboard ini di onlineshoop, aku belinya di shopee. Untuk masalah ongkir, lumayan mahal sih 27-49 ribuan untuk satu kali pengiriman. Tapi sebelum belanja aku udah kumpulin voucher gratis ongkir, jadi untuk masalah di ongkir gak jadi masalah.

Keyboard ini imut banget, desainnya tipis / slim. Ukuranya kecil jadi kalau kamu punya tangan yang besar kemungkinan keyboard ini tidak nyaman dipakai. Aku sudah cobanya, memang dalam segi fisik kecil & tipis namun dalam hal fungsional keyboard ini work-it banget. Sangat membantu saya ketika menulis menggunakan tablet, tapi berhubungan tabnya lagi dipinjem ayukku kali ini aku demoin pake gambar aja dulu.
Keyboard enak banget buat ngetik


Karena bentuknya yang portable jadi bisa dibawa kemana-mana, baterainya juga bisa diisi ulang. Tinggal gunakan powerbank atau adaptor semuanya beres, kalau kamu tanya enaknya ngetik lewat mana. Tergantung masing-masing orang, ada yang sudah terbiasa menggunakan keyboard fisik mungkin dia akan memilih keyboard fisik begitu juga sebaliknya.

Tapi kalau kamu mempelajari agar tetap bisa beradaptasi menggunakan sesuatu yang baru mungkin hanya dalam waktu beberapa hari saja kamu sudah lancar menggunakanya. Saya lebih suka menulis di android dengan menggunaka keyboard virtual, tapi kalau lagi dalam keadaan santai saya lebih suka menggunakan keyboard fisik. Misalnya lagi edit video, ngoding, atau kegiatan lainya yang tidak dikejar waktu akan sangat menyenangkan menggunakan keyboard dan mouse. Tangan menjadi lebih segar, tidak peggel harus pegang HP secara terus menerus.