-->

Penyebab pin Adsense tak kunjung datang, ini solusinya!

Pin Adsense

Blog kak Ryan - Lama atau tidaknya pin adsense sampai ke alamat kita tergantung lokasi dan kelengkapan alamat tujuan pengiriman, untuk wilayah indonesia biasanya pin dikirim dari Pos Malaysia. Di adsense tertulis pin akan sampai dalam waktu 2-4 minggu setelah dimirim, namun pada kenyataanya pin tersebut akan sampai jauh lebih lambat dari estimasi yang diberikan oleh google.

Kebanyakan orang langsung menyalahkan pihak petugas pos, pdahal yang sebenarnya terjadi yaitu ekspedisi pengiriman dari luar negeri langsung ke indonesia. Hampir semua pin adsense yang kita terima di indonesia dikirim dari luar negeri, bisa negara Amerika, ada yang datang dari post Malaysia.

Estimasi pengiriman setiap daerah berbeda-beda, setelah pin sampai ke nengara penerima surat tersebut akan difilter kembali dipilih agar bisa dikirim ke gudang penyimpan masing-masing provinsi. Kemudian barulah dikirim ke wilayah kabupaten, proses ini membutuhkan waktu yang tidak sedikit. Belum lagi jika ekspedisi pengirimanya mengalami gangguan, seperti cuaca buruk, pandemi yang mengakibatkan berkurangnya karyawan, serta masih banyak lagi.

Pengalaman saya dalam menerima pin, bukan 4 minggu (satu bulan) tapi waktunya 3 bulan. Ketika saya selesai memverifikasikan identitas maka surat pin langsung dikirim ke alamat yang ada pada akun pembayaran adsense. Dalam satu bulan pin tak kunjung datang saya meminta pengiriman ulang, namun sebelum meminta pin yang baru saya selalu menyempatkan diri buat selalu memperbaruhi alamat penerima.

Setelah sebulan tidak datang juga, sayapun meminta pengiriman pin ketiga. Tepat 7 hari setelah permintaan surat pin yang ketiga ternyata surat pin adsense yang kedua datang diantarin sama pak pos langsung kerumah. Saya tahu surat yang direrima merupakan permintaan kedua karena alamat yang tercatat adalah alamat suntingan ke-2 saya.


Bagaimana jika sudah 4 bulan pin adsense tak kunjung datang?

Tenang akun kamu masih akan tetap aktif, hanya saja penayangan iklan pada akun kamu akan dihentikan sementara sampai kamu berhasil memverifiksi alamat dengan memasukan 6 ditit kode pin. Kamu masih bisa menunggu beberapa bulan lagi kedepan sampai surat pin datang, atau jika tidak ingin menunggu lebih lama kamu bisa meminta metode verifiksi manual menggunakan Surat Tanda Pemilik Rekening Bank. Berikut ini cara memverifikasi alamat dengan rekening bank.

  • Silakan datang ke kantor cabang bank yang kamu miliki dan minta surat tanda pemilik rekening.
  • Foto surat tersebut usahakan tidak ada pantulan cahaya, foto terlihat jelas, tidak kabur / blur. Dengan ukuran file mamsimum 2MB.
  • Buka dashboard adsense, pada notif merah klik bantuan atau pelajari lebih lanjut.
  • Di halaman bantuan pilih saya tidak dapat menerima surat pin adsense. Nanti kamu akan dibawa ke halaman privasi yang mengharuskan anda mengisi semua data penting yang dibutuhkan.


Kenapa sebagian pos tidak mengantarkan surat pin ke alamat tujuan?

Antar mengantar barang maupun surat sudah menjadi kewajiban setiap pos, tugas pos adalah mengirim dan mengantarkan barang ke tempat tujuan. Apabila kamu meyakini kalau surat pin tidak diantarkan oleh petugas pos, kemungkinan alamat yang kamu masukan tidak dikenali oleh petugas pos. Silakan kunjungi kantor pos terdekat, tanyakan pada petugas delivery (pengantar barang) jika mereka tidak mengetahui jenisnya bisa kamu tunjukan foto contohnya dari google.

Menjemput surat pin ke kantor pos jika kamu yakin adalah wajib, karena pada bagian surat tersebut ada sebuah pesan "jika surat ini tidak kunjung sampai ke alamat penerima, maka harap kembalikan pada alamat awal pengiriman yang tertera pasa surat", jadi surat pin milikmu akan dikembalikan pada tempat asal pengirimanya.

Sekarang kamu tidak perlu khawatir, hampir semua petugas pos sudah pernah menangani surat seperti ini. Nggak mungkin di daerah kamu tidak pernah ada yang menerima surat beginian. Jaman sudah canggih, sekarang hampir semua orang mempunyai akun adsense pribadi.


Berapa lama biasanya estimasi pengiriman Surat pin?

Seperti yang sudah saya sebutkan diatas, pengiriman bisa lama bisa juga tidak. Namun yang menjadi patokanya pin biasanya akan datang sendiri dikirim pihak post setelah 1 bulan atau 2 bulan, paling cepat 3 minggu. Surat pin saya saja 1 bulan 7 hari sudah sampai diantarkan langsung oleh petugas pos kedepan rumah.

Memang sih banyak yang nggak sabaran mengkawatirkan alamat pin mereka, tapi kalau saya biasa saja. Setelah verifikasi identitas, seminggu baru saya ketahui kalau pin sudah lama dikirim sejak berhasilnya verifikasi identitas dengan KTP. Belum sempat melengkapi alamat dengan nama lokasi yang benar, karena ditempat saya itu pedesaan tapi tidak ada RW adanya kados. Namun KTP Saya hanya RTnya tidak ada.


Apakah boleh satu alamat dipakai beberapa akun adsense?

Tentu saja boleh asalkan alamat yang tercantum pada KTP sesuai dengan alamat yang akan kamu gunakan, tapi kamu juga bisa menggunakan alamat lain yang tidak sama dengan KTP. Bisa gunakan alamat kantor, alamat apartment, atau alamat lainya. Tapi yang menjadi masalahnya ketika pin tidak bisa dikirim atau tidak kamu terima akan menjadi kesulitan sendiri jika ingin memverifikasikan akun menggunakan rekening bank.

Pihak adsense kemungkinan akan memverifikasikan alamat yang kamu masukan dengan alamat yang ada pada surat tanda kepemilikan rekening bank yang kamu miliki. Bisa saja nanti gagal jika melakukan verifikasinya karena alamat tidak sama.


Kesimpulan:
Adapun kesimpulan yang kita peroleh dari topik pembahasan diatas, yaitu jangan cemas. Khawatir yang berlebihan tidak akan bisa menyelesaikan masalah. Kalau cuma masalah surat pin saja, google menyediakan banyak cara dan bantuan agar kamu bisa memverifikasikan alamat. Yang penting jangan malas menbaca, kebanyakan malas baca. Itu notif pelajari lebih lanjut adalah informasi penting yang diberikan oleh google secara cuma-cuma.