-->

Tidak BAB selama 3 hari sebabkan Penyakit, ini faktanya

Cara mengatasi sembelit

Blog kak Ryan - Aktifitas BAB atau buang air besar merupakan proses alami dalam tubuh untuk mengeluarkan beragam kotoran dan limbah dalam tubuh. Kebiasaan BAB setiap orang berbeda-beda, tergantung dari keinginan alami tubuh. Dan yang menarik dari hal ini adalah kecenderungan menahan BAB yang sering dilakukan banyak orang, ya mungkin waktunya tidak tepat. Sehingga kita harus menahanya sementara, mungkin kita sedang berada di bis atau di tempat umum yang tidak ada toiletnya.

Kebiasaan menahan BAB ini biasanya akan menyebabkan sembelit atau kesulitan BAB, kotoran yang menumpuk dalam usus bisa menjadi lebih keras karena usus terus-terusan menyerap cairanya. Semakin lama kotoran berada pada usus, maka kotoran tersebut bisa semakin bertambah keras, tentu saja akan menyulitkan orang melakukan BAB.

Jika kamu tidak lancar BAB atau sembelit, maka bisa berujung dengan munculnya beragam penyakit kronis misalnya kanker usus atau penyakit lainya.

Lalu apa yang harus kamu lakukan jika tidak mengalami BAB dalam waktu 3 hari atau mungkin dalam waktu yang lebih lama? Penyebab kesulitan BAB, tidak hanya terjadi karena sering menahan BAB, tapi juga bisa disebabkan oleh pola makan yang tidak sehat. Misalnya kamu hanya mengonsumsi lebih sedikit air dan suka makan makanan yang memiliki lebih sedikit serat.

Tapi dalam artikel kali ini saya akan berikan tips apa yang harus kamu lakukan jika tidak mengalami BAB dalam waktu beberapa hari atau minggu. Melansir dari boldsky.com dalam penitianya, kamu harus mengonsumsi makanan yang bertekstur cair atau lebih lembut. Tambahkan juga makanam yang menamdung banyak serat lainya seperti apel, makanan seperti ini akan membawa lebih banyak air ke usus sehingga aktifitas buang air besar bisa lancar kembali.

Baca juga : Dampak negatif selalu mengonsumsi Bakso!

Berikut ini siklus BAB yang dikategorikan sebagai sembelit ringan dan cara mengatasinya menurut Blog Kak Ryan. Lakukanlah hal ini jika kamu tidak BAB selama 3 hari, atau lebih.


1 minggu

Jika sudah dalam waktu 1 minggu tidak pernah merasa ingin BAB atau kesulitan mengeluarkanya. Kamu harus mencoba makaman dengan sifar osmotik misalnya susu. Karena makanan tersebut mengandung magnesium didalamnya. Makanan jenis ini akan membawa lebih banyak cairan ke usus sehingga bisa memperlancar aktifitas BAB, tapi sebaiknya janga terus dehidrasi tubuh dengan banyak minum air putih setiap hari.


1-2 minggu

Kalau ini lama sekali ya hehehe, dalam fase ini untuk memperlancar gerakan otot usus dan membuat kotoran yang sebelumnya sudah mengeras kamu harus menggunakan obat-obatan stimulan. Contohnya seperti macrolax, ada juga yang dikemas seperti minuman kesehatan Vegeta Jeruk dll. Kamu juga harus menghentikan penggunaan obat jika semuanya sudah lancar, tujuanya agar tidak terlalu ketergantungan terhadap obat.

Baca Donk : Cara mengatasi malas mandi


Lebih dari 3 minggu

Dan yang terakhir adalah yang terparaah, sepertinya kotoran dalan usus sudah menjadi lebih keras. Jika kamu sering makan maka bis akelihatan buncitnya, saran saya untuk mencegah terjadinya penyakit yang lebih serius sebaiknya kamu periksa ke dokter. Penumpukan kotoran dalam waktu lama di usus bisa menyebabkan kanker usus dan berbagai penyakit lainya.


Setelah sembuh dari penyakit sembelit sebaiknya kamu menjaga pola kesehatan hidup, mulai dari pola makan yang teratur. Makanlah maknan yang banyak mengandung serat dan air secukupnya, dan satu lagi yang paling penting. Jangan pernah menahan / menunda buang air besar, karena penyebab sembelit paling umum terjadi karena kebanyakan orang sering menunda-nunda BAB.

Anda juga harus mengatur pola makan, kebiasaan memakan makanan padat dan lebih sedikit air juga bisa menyebabkan penyakit sembelit. Terjadinya sembelit karena kotoran yang ada dalam usus jadi mengeras dan kurangnya cairan yang bisa membuat kotoran keluar dengan sempurna. Namun bagi sebagian orang mungkin disebabkan oleh penyakit lain, misalnya peradangan usus buntu. Ya peradangan akan membuat orang kesulitan mengenjan, karena usus tak mempunyai tenaga sama sekali untuk memilas kotoran agar bisa keluar.

Untuk mengetahui lebih lanjut masalah penyakit yang kamu derita, kamu bisa konsultasi ke dokter. Konsultasi tidak hanya bisa dilakukan di puskesmas atau klinik, sekarang kamu bisa konsultasi secara online menggunakan aplikasi Alodokter atau Halodoc.


Demikianlah pembahasan kita mengenai sembelit kali ini, memang sembelit pernah dirasakan oleh semua orang dalam hidupnya. Penyakit ini merupakan penyakit yang biasa terjadi, tapi jika sudah terlalu lama maka akan sangat berbahaya bagi kesehatan.