-->

Voucher smartfreen unlimited cuma Rp59ribu sebulan

Smartfreen super 4G unlimited


Kebutuhan akan kuota internet semakin hari semakin nambah, apalagi bagi kamu yang masih menggunakan HP. Mahalnya harga kuota bagi anak pelajar kerasa banget deh, mana penggunaan kuota meningkat lagi. Sebelum tahun 2018, penggunaan kuota saya tidak lebih dari 1 GB dalam sehari. Tapi ditahun berikutnya penggunaan meningkat, pemakaian saya bisa mencapai 1GB bahkan lebih.

Saya seorang kreator video di Youtube dan blogger, setiap harinya membutuhkan kuota. Apalagi saat ini saya hanya menggunakan smartphone sebagai alat kerjanya, sudah pasti kebutuhan kuotanya cukup tinggi.

Di tahun 2018, kebutuhan kuota sudah teratasi dengan adanya paket Yellow Rp 1000/1GB dan berlaku 24 jam. Paket itu sangat membantu banget, jadi saya bisa nyicil. Kadang dalam sehari itu ada yang 2x beli kalau sedang mengunggah file ke youtube / Gdrive.

Sayangnya sekarang harga paket Yellow melambung tinggi, sudah kayak main warnet hehehe. 1GB dihargai Rp 3500,- harga segitu kalau dikalkulasikan dalam 30 hari. Artinya kita sudah mengeluarkan dana sebesar Rp 105.000,- jauh lebih murah paket telkomsel hahaha.

Tapi yang akan saya ulas kali ini bukan telkomsel, tapi paket Smartfreen super 4G unlimited. Harganya kisaran 75rb dan masa berlaku selama 28 hari. Saya rasa paket ini sangat cocok sekali bagi kamu yang menggunakan banyak kuota dalam seharinya.

Berdasarkan pengalaman saya selama mencobanya, saya coba mulai dari bulan oktober 2018. Walaupun pemakaian sudah mencapai 1GB kamu masih bisa tetap internetan, tetapi dalam hal kecepatan akan sedikit berkurang.

Penurunan kecepatan memang sedikit terasa jika digunakan untuk download & upload. Tapi saya pernah mendapatkan kecepatan 1MB/detik, kecepatan tinggi ini hadir pada jam 1 malam hingga jam 4:30 pagi.

Baca juga : Daftar harga voucher data smartfren terbaru

Setelah kamu membeli paket ini pemakaian internet kita gak ada batasanya, sama seperti menggunakan wifi hehehe. Mau jadi uploader di sfiles.mobi bisa banget, upload file apa saja disana dan dapatkan tambahan uang.

Kebetulan simcardku baru diganti karena simcard lama sudah masa tenggang, aku dapet bonus cashback 60rb, dibagi dua. Untuk 30rbnya sudah masuk dalam saldo bonus dan berlaku selama 1 minggu, sedangkan sisanya akan ditambahkan pada bulan berikutnya dan berlaku selama 30 hari. Cukup bingung ini bonusnya mau dipake buat apaan, soalnya kuota saja udah kebanyakan hehehe.
Dapat bonus cashback dari kuota smartfreen



Kekurangan paket smarfreen super 4G unlimited

Dalam setiap kelebihan pasti ada kekuranganya, saya mengetahui kekurangan ini setelah mencobanya berbulan-bulan. Dimulai dari kekurangan pertama ya, paket ini harganya naik. Sebelumnya seharga Rp 65.000/bulan sekarang jadi 75rb artinya naik 10rb kan, walau cuma 10k tapi kalau dikalkulasikan tetap nambah biaya.

Kekurangan kedua yaitu pada FUP. Memang kecepatannya masih bisa digunakan untuk download dan upload setelah batas pemakakaian melebihi Fup 1GB / hari, tapi kalau kita boros terus-terusan setiap hari. Kayaknya pihak provider sadis deh dalam mengurangi kecepatan. Kecepatan download punyaku turun jadi 19k/dtk setelah 7hari menikmati akses yang super cepat walaupun mebelihi Fup.

Kekurangan lainya pada jaringan sendiri, jaringan yang cukup kuat dari smarfreen ternyata tidak benar-benar membantu. Terkadang disaat kita membutuhkan koneksi jaringan tiba-tiba hilang, ada tanda x dalam bar jaringan yang menandakan jaringan hilang. Butuh 30 menit agar kondisinya jadi normal kembali.

Update! 25/06/2020
Kecepatan download akan menurun drastis apabila pemakaian melebihi batas fup jika digunakan untuk mengunduh file ataupun streaming. Tapi saat saya menggunakanya hanya untuk browsing, setelah melebihi batas FUP kecepatan masih stabil untuk streaming video di mode 360px. Saya mendapatkan kecepatam rata-rata 36kb/s, cukup kecil tapi lumayan bisa akses internet sepusanya tanpa harus nambah modal atau ngitungin kuota hehehe.


Demikianlah review seputar paket smartfreen kali ini, sekarang saya msih saja menggunakanya untuk kebutuhan sehari-hari. Nggak tau juga sampai kapan aku pake, mungkin bakalan pake sampai harganya sudah tidak terjangkau lagi kali ya😅😅😅