-->

Menggunakan amp di blogger.com bagus atau tidak?

Hai semua ini adalah reviews ke dua (Part2) setelah kemarin kita mereview blognya mas bisor, kali ini saya akan review penggunaan template amp di blogger kekurangan serta kelebihanya. Apakah kamu tahu apa itu amp? Dikutip dari wikipedia "Accelerated Mobile Pages (AMP) adalah teknologi perangkat lunak yang dikembangkan oleh Google dalam upaya meningkatkan kecepatan akses sebuah situs web."

Tahukah kamu kalau website itu mempunyai banyak skrip yang bisa membuatnya menjadi lambat diakses, jadi jika kamu membuka sebuah halaman web yang dimuat dalam waktu sedikit lambat itu bukan hanya kecepatan internetmu yang mempengaruhinya tetapi halaman website tersebut mempunyai page load yang lambat.

Speed page load sendiri adalah salah satu cara penunjang SEO pada website, semakin cepat halaman dimuat akan meningkatkan interaksi pengunjung dengan website tersebut dan juga bisa mengurangi bounce rate. Jadi gak heran kalau sekarang ini banyak situs yang berlomba-lomba membuat halaman web / blog mereka menggunakan amp page. Berikut ini beberapa pengalaman saya setelah menggunakan amp.


Kelebihan dan kekurangan Amp Page

Kelebihan menggunakan amp page adalah halaman web lebih cepat dimuat, bahkan dalam waktu persekian detik sudah tampil. Selain itu penggunaan amp page juga akan meningkatkan interaksi pengunjung terhadap website, dengan kecepatan muat halaman 10x lebih cepat akan membuat orang lebih mudah dalam menjelajah website kita sehingga bisa menurunkan bounce rate.

Namun menggunakan amp bukan berati tidak mempunyai kekurangan, kekurangan menggunakan halaman amp diantaranya: Pada halaman amp kita tidak diperbolehkan menggunakan javascript lainya, tidak bisa menggunakan sembarang kode. Dan jika kamu menulis blog dalam mode HTML dibituhkan ketelitian yang tinggi agar halaman tersebut bisa valid amp.


Penggunaan Amp Di Blogger/Blogspot

Blogger sendiri belum mempunyai fitur khusus untuk membuat halaman amp, tetapi kita masih bisa menerapkan amp di blog dengan menggunakan template amp. Blog kompiajaib.com adalah salah satu contoh blog dengan platform blogger yang menggunakan template amp.

Karena belum ada fiturnya menerapkan amp diblogger cukup rumit, dibutuhkan pemahaman koding agar kamu bisa menulis artikel yang valid amp.

Selain rumit cukup sulit juga untuk mencustom layout serta pemasangan iklan yang tepat pada halaman tersebut. Berbeda dengan wordpress yang kita tinggal install plugin dan halaman amp langsung bisa jadi.

Halaman amp cococok buat kamu yang ingin memiliki blog dengan tampilan sederhana dengan performa yang bagus. Namun dalam segi pengunnaanya cukup rumit dibandingkan kita membaca artikel orang lain yang hanya satu kali klik langsung kebuka.

Dulu saya pernah berfikir untuk memodifikasi template evomagz ini menjadi amp, namun karena mempertahankan tampilan seperti ini rencana itu akhirnya saya batalkan. Bukan hanya sekedar mempertahankan penampilan akan tetapi hampir semua postingan saya sudah kompatibel dengan template ini. Jadi apabila saya ingin mengganti ke template lain mau tidak mau saya harus mengedit semua artikel saya agar kompatibel dengan template tersebut.

Jika blogmu berada di blogger dan ingin menggunakan amp sebaiknya fikirkan lagi, apalagi jika artikel kamu banyak. Dan yang lebih menyulitkan lagi apabila kamu menulis artikel tersebut dalam mode compose, karena kodingnya sangat berantakan. Saya bisa menghabiskan 2 gelas kopi + cemilan selama 1 jam hanya untuk mengedit satu artikel saja, bayangkan jika ada ratusan artikel?


Tempat belajar amp

Jika kamu tertarik dengan amp dan ingin mempelajarinya berikut ini ada rekomendasi blog yang bisa kamu jadikan referensi untuk belajar amp. Blog ini adalah blog yang paling sering membantu saya dalam megelolah dam membuat halaman amp.


Itulah beberapa pemahaman dan pengalaman yang saya dapatkan dalam mencoba blog dengan template amp, tetapi sebenarnya lebih dari itu. Saya juga bisa menulis artikel valid amp dalam mode HTML, meresesign template menjadi amp, mengenal berbagai jenis kode tag amp, dan lainya. Kalau mau belajar tidak perlu bayar diinternet sudah banjir informasi sekarang ini.