-->

Blogger.com gratis, dari mana dia dapat uang? Simak selengkapnya!

Dikalangan banyak orang blogger.com dikenal sebagai platform blogging gratis. Kamu bisa membuat blog sebanyak-banyaknya, benarkah blogger yang disediakan oleh perusahaan google itu gratis selamanya? Jawabnya benar! Tapi ada batasan tertentu bagi pengguna gratis, lalu dari mana blogger.com bisa bertahan, bagai mana dia mendapatkan uang? Mari kita simak ulasanya dibawah ini.

Blogger.com adalah platform blogging yang pertamakali didirikan oleh PhyraLabs dan kemudian diakuisisi oleh google. Nah sejak sudah dimiliki oleh google blogger menggratiskan semua layananya untuk semua orang. Setiap orang dengan akun google bisa membuat lebih dari satu blog, dan diberikan akses penyimpanan gratis sebesar 15GB.

Penyimpana tersebut adalah bagian dari keseluruhan data pengguna di akun google, google memberikan penyimpanan gratis maks 15GB untuk setiap akunya. Meskipun terbilang kecil pengguna bisa mengunggah banyak gambar ke blog mereka, ukuran gambar tersebut otomatis terkompresi ke ukuran yang lebih rendah. Namun tidak bisa untuk video, jika mengunggah video maka penyimpana akan cepat penuh, pengguna akan diminta mengupgrade penyimpanan mereka ke versi berlangganan.

Blogger.com juga secara langsung terkoneksi ke google adsense, dan setiap orang yang membuat blog di blogger dan memasang iklan adsense melalui dahsboard blogger.com maka keuntungan orang tersebut akan dibagi dengan blogger.com

Sekarang apakah pertanyaan kamu sudah terjawab? Gratis itu hanya pada blogger umum yang tidak membutuhkan kapasitas penyimpanan yang besar. Jika sudah melebihi kapasitas maka pengguna diwajibkan untuk menambah kapasitas penyimpananya dengan berlangganan atau membeli paket space bulanan.

Pendapatan blogger.com kebanyakan diambil dari beberapa orang yang menghubungkan akun mereka dengan google adsense, sistem perhitunganya bagi hasil 2% ke blogger. Platform blogger memiliki aksi yang sama seperti youtube, yaitu menyediakan akses unlimited terhadap penggunanya.

Kamu bisa mengunggah lebih banyak gambar, karena setiap gambar yang kamu unggah akan dikompressi menjadi ukuran sedang.

Layanan blogger juga membantu penjualan Google Domain, saya rasa semua layanan google yang gratis itu secara tidak langsung terhubung ke layanan berbayar. Misalnya Google Drive, Firebase, Google Domain, Google Ads dan layanan lainya.
Bagi kamu 15GB mungkin sudah cukup untuk membuat blog gratis walaupun tidak bisa digunakan buat menghosting file. Dan google memberikan akses bandwidth unlimited kepada semua pengguna, jadi gak bakalan down walaupu diakses ribuan orang.

Dengan demikian penyumbang penghasilan situs Blogger.com berasal dari sistem bagi hasil iklan adsense, hasil promosi produk google domain, dan pengguna yang menambah kapasitas penyimpanan akun mereka. Produk google sangat banyak jenisnya, semua produk itu terkadang disediakan secara gratis namun dengan batasan-batasan tertentu. Google Drive misalnya, Gdrive memberikan ruang sebesar 15GB per akun. Dan bila pengguna ingin mendapatkan penyimpanan yang lebih besar, maka pengguna tersebut dapat membeli paket penyimpanam tambahan. Secara tidak langsung google sudah mendapatkan keuntungan kan.