-->

Iklan Provider Indosat Ooredo Nggak Ngotak!

Belakangan akhir ini indosat ooredo selaku penyedia layaanan internet mobile terbesar diindonesia menjilat ludah sendiri. Mereka tengah gencar memasang iklan menggangu (Iklan Hamparan Layar / Overlay) Pada situs web yang tidak menggunakan keamana SSL. Kenapa menjilat ludah? Saya sudah membeli dan berlangganan kuota, tapi mereka malah memasang iklan untuk tujuan mencari Receh. Itu sama saja dengan menjilat ludah sendiri, sangat memalukan, perusahaan terbesar indosat ternyata begitu cara kerjanya.

Saya suka browsing bahkan di situs yang tidak ada keamana sslnya sekalipun, tapi saya mulai merasakan tidak nyaman karena diganggu oleh iklan yang terus bermunculan pada layar setiap saya merefresh halaman. Seperti apa iklanya? Lihatlah sekumpulan iklan Hasil injeksi operator seluler indosat ooredo berikut ini:
Iklan Sampah Milik Indosat Ooredo


Selain menggunakan iklan Miliknya sendiri indosat ooredo juga menggunakan iklan MGID dan Google Adsense untuk mengambil keuntungan diatas kuota yang sudah dibeli orang. Gambar dibwah ini adalah contoh iklan sampah yang sangat mengganggu saya ketika browsing menggunakan simcard IM3 di situs web yang tidak dilengkapi keamanan SSL:
Stop Pasang Iklan Injeksi


Ads Operator


Jujur saja ini sangat menggangu kenyamanan saya, apalagi iklan ini juga mengganggu keamanan privasi seseorang. Karena saya pernah melihat dengan sendirinya bagaimana proses iklan diinjeksikan. Yaitu ketika pengunjung membuka halaman tanpa keamanan SSL, mereka akan diredirect ke situs ads.indosatooredo.com selama beberapa detik barulah kemudian dialihkan ke halaman situs asli.

Cara kedua indosat menggunakan akal cantik, yaitu dengan menggrabber semua konten pada URL tujuan lalu menayangkanya di Halaman ads.indosatorredo.com dengan ditambah Iklan Melayang mereka. Mereka menyamarkan URL pada addressbar dengan menggantinya lewat penulisan javascript, sehingga seolah-olah saya berada pada situs Asli halaman yang saya tuju.

Lihat Kode skrip yang digunakan indosat dibawah ini:
<!DOCTYPE html PUBLIC "-//WAPFORUM//DTD XHTML Mobile 1.0//EN" "http://www.wapforum.org/DTD/xhtml-mobile10.dtd">
<html>
<head>
	<noscript>
		<meta http-equiv="refresh"content="0;URL=http://ads.indosatooredoo.com/ads-request?t=3&j=0&i=169560359&s=I06111158987031947846&a=http://mayancuy.com/"/>
	</noscript>
	<link href="http://114.6.128.4:8004/COMMON/css/ibn.css" rel="stylesheet" type="text/css" />
</head>
<body>
	<script type="text/javascript">
		p={'t':'3', 'i':'169560359', 's':'I06111158987031947846'};
		d='';		
	</script>
	<script type="text/javascript">
		var b=location;
		setTimeout(function(){
			if(typeof window.iframe=='undefined'){
				b.href=b.href;
			}
		},15000);
	</script>	
	<script src="http://114.6.128.4:8004/COMMON/js/ibnjs.v0.11.min.js"></script>
</body>
</html>


Saat saya mengunjungi website mayancuy.com maka yang tampil adalah halaman diatas. Yaitu kode skrip iklan yang sudah diinjeksikan, kemudian dalam beberapa detik saya akan diarahkan ke halaman iklan.
http://ads.indosatooredoo.com/ads-request?t=3&j=0&i=169560359&s=I06111158987031947846&a=http://mayancuy.com/

Saya tetap melihat URL http://mayancuy.com pada addressbar. Padahal saya sudah dialihkan ke URL diatas, link yang saya tandai warna mearah itu adalah link yang akan di grabber oleh pihak indosat untuk menampilkan konten bersaman dengan iklan mereka.

Indosat menggunakan iklan MGId, Adsense, Dan iklan Provider mereka sendiri. Saya sudah muak dengan segala ini. Sudah pernah saya komplen ke Cs (Costumer) indosat, namun mereka tidak memberikan jawaban terbaik. Malahan menyarankan menggunaka fitur AdBlock, saya bertanya di chrome android tidak ada fitur Adblock. Lagian kenapa harus menggunakan fitur AdBlock? Sebagian situs tidak bisa dibuka jika menggunakan AdBlock!

Saya sudah tak tahu harus melakukan apa lagi. Sudah debat dengan cs, tak ditanggapi pula. Kalau bisa saya ingin pindah saja, menggunakan Smartfreen / By.u jauh lebih aman dibandingkan menggunakan IM3. Smartfreen memang memasang iklan injeksi juga seperti indosat, namun mereka tidak terlalu sering. Kegoblokan indosat jauh dari kata manusiawi, setiap orang merefresh halaman, satu kali iklan dipasang.