-->

Cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa harus root


Menghapus aplikasi tanpa root

Apakah kamu pernah menemukan aplikasi yang tidak terpakai diponselmu? Jika iya kebetulan nih Blog kak Ryan mau berbagi sedikit info tentang bagaimana cara menghapus atau menghilangkanya dari ponselmu. Aplikaso bawaan yang tidak bisa dihapus ini biasanya kita sebut dengan blotware, dimana fungsinya sudah tidak dibutuhkan lagi seperti aplikasi pemutar music biasanya disematkan dua. App bawaan dan app Google Play Music, Peramban web broser ada browser bawaan dan ada juga chrome milik google.

Memang sih nggak tau kenapa pabrikan hape mennyertakanya, entah dimonopoli oleh google setiap android wajib menanamkan aplikasi bawaan google (Gaapps = Google Application), atau mungkin alasan lain dari pabrikanya. Jelas saja aplikasi tersebut menyita banyak penyimpanan pada ponsel kita, lihat saja Rata-rata ponsel android standard sekarang ini memory bersihnya hanya tersisa 30%. Itulah kenapa kamu tidak bisa menginstall banyak aplikasi dan menambah lebih banyak music, ataupun video pada ponselmu.

Tetapi sebelum menghapusnya saya mau memberitahukan terlebih dahulu. Kalau aplikasi bawaan biasanya mempunyai setelan bawaan sendiri dan sudah diatur dari pabrikanya, beberapa aplikasi tidak bisa dihapus katena penting! Memaksa menghapus aplikasi bawaan bisa menyebabkan kinerja sistem pada perangkat anda Error.

Bayangkan saja seandainya kamu menutup paksa dan menonaktifkan aplikasi keyboard bawaan, namun kamu tidak mempunyai aplikasi lain sebagai pengganti. Maka setiap kali kamu menekan area penyunting teks bisa saja terjadi hang karena sistem tidak berhasil menjalankan aplikasi keyboard bawaan yang sudah dinonaktifkan.

Berikut ini adalah cara menhapus aplikasi bawaan dengan mudah:
  1. Buka smartphone kamu dan masuk ke menu setting Pengaturan
  2. Kemudian pilih menu aplikasi atau manajer aplikasi, manager aplikasi biasanya terdapat pada menu pengaturan.
  3. Setelah itu cari dan pilih aplikasi yang ingin anda hapus, klik aplikasi tersebut hingga masuk ke menu baru.
  4. Jika anda menemukan tulisan "Nonaktifkan" pencet tombol tersebut untuk mencegah aplikasi berjalan.


Pada ponsel pintar seperti xiaomi terkadang kamu tidak menemukan menu disable atau tidak bisa menonaktifkan aplikasi. Sehingga kamu membutuhkan aplikasi khusus untuk membuka fiturnya. Silakan download aplikasi activity launcher diplaystore, kemudian install dan jalankan.
  1. Silakan klik menu diatasnya, kemudian pilih All Activities
  2. Seperti biasa anda harus memilih menu setelan / pengaturan, pada aplikasi ini memang sedikit rumit, karena semua menu akan ditampilkan semua.
  3. Setelah masuk ke menu setelan, anda pilih aplikasi terinstall
  4. Jangan lupa untuk mengaktifkan tampilan semua aplikasi sistem, kemudian pilih dan cari aplikasi yang ingin anda hapus.
  5. Silakan Nonaktifkan aplikasi


Tips diatas memang tidak akan menghapus aplikasi secara permanent, tetapi kita hanya menghentikan aplikasimya saja agar tidak berjalan pada latar belakang dan tidak bisa dijalankan (Hilang Total), sehingga mengurangi penyimpana cache yang terpakai. Namun aplikasinya masih terinstall pada perangkat kamu.

Kamu tidak bisa melakukan penghapusan secara permanent selama belum memperoleh akses Root penuh, akses root ini bisa didapat dengan bantuan aplikasi pihak ketiga yang menjadi alat untuk pemberian akses ke file sistem android, sehingga kamu bisa mengubah setelan didalamnya.

Perlu kamu ketahui juga bahwa menghapus aplikasi bawaan akan menyebabkan sedikit masalah pada android, karena aplikasi bawaan tersebut biasanya disetting sebagai aplikasi utama. Sehingga anda akan menemukan force close ketika aplikasi lain melempar anda ke aplikasi yang sudah dihapus.

Post a Comment for "Cara menghapus aplikasi bawaan android tanpa harus root"