-->

Cara memperbaiki HP asus tidak mengisi saat dicharger

Memperbaiki hp asus tidak masuk dicas

Hai sobat, jumpa lagi di blog kak ryan. Pada kesempatan kali ini kak ryan mau sedikit berbagi mengenai trouble yang paling sering terjadi pada ponsel android asus. Sebenarnya bukan cuma smartphone asus saja yang bisa mengalami kerusakan seperti ini. Tetapi juga bisa menimpa ponsel android lainya.

Bagi kamu yang punya banyak uang sih sebenarnya gak masalah, bisa memperbaikinya di konter terdekat atau membeli ponsel baru. Cara ini saya khususkan buat belajar, lagian tidak ada salahnya jika kamu menggunakan tips ini untuk mengatasi trouble pada ponsel sendiri.

Sekarang lebih dari satu tahun sejak saya membeli HP android second Asus X014D, Sudah lama saya menggunakanya tapi lama-kelamaan saya mengalami kejadian tidak menyenangkan. Yaitu ketika ingin mengisi daya indikator cas menunjukan terkadang masuk dan kadang terputur, hal ini terjadi berulang kali. Sampai pada akhirnya saya sudah tidak bisa mencharger lagi dengan USB karena sudah longgar. Dan sayapun mencari solusi agar bisa memperbaikinya tanpah harus datang ke konter HP, berikut ini ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan.

Ketahui Penyebabnya

Dengan mengetahui penyebab masalah maka kamu bisa menentukan langkah apa saja yang bisa dilakukan untuk perbaikan. Caranya dengan melakukan pengecekan dan melihat riwayat hp. Kalau saya pengecekan dimulai dengan mengganti kabel data dengan kabel data hp yang lain serta kepala chargernya. Cara ini saya gunakan untuk mendeteksi asal kerusakan apakah kabel USBnya, Adaptornya, ataun port micro usb nya yang bermasalah.

Dan hasil uji saya ini menunjukan hasil bahwa soket / port usbnya yang rusak. Hal ini kiga didukung kuat oleh riwayat hp karena saat itu saya suka meminjam charger milik orang lain. Biasanya setiap ponsel mempunyai port micro usb yang berbeda-beda, begitupun dengan kepala micro usbnya. Ada yang besar kecil, bahakan sedikit panjang.

Jika dipaksakan bisa menyebabkan port pada hp longgar, dan listrik tidak mengalir dengan sempurna.

Untuk mengatasi kerusakan seperti diatas kamu bisa mengganti soket fleksibel / port micro usb. Kita menyebutnya dengan papan pcb, harganya sangat terjangkau cuma 8 ribu rupiah saja, dan untuk perbaikanga saya sertakan dalam video berikut ini:



Kesimpulan

Sebaiknya kamu tidak saling bertukar charger dengan temanmu apalagi menggunakan charger orang lain. Beberapa komponen pada hape biasanya dipasang dengan soket flexible dan bukan kabel. Jadi kalau ada kerusakan kamu tinggal mengganti komponen yang rusak dengan yang baru.