-->

Cara mengatasi HP Tidak masuk saat dicharge


Berdasarkan pengalaman saya selama menggunakan ponsel android kejadian hp tidak penuh saat diisi daya sering saya temui. Kasusnya ketika kita ingin mengisi daya ikon cas / charger masuk tetapi tidak baterai tidak mengisi daya sama sekali.
Ini disebabkan karena pemakaian tidak normal atau anda sering menggunakan fast charging 2A sambil memain kan HP sehingga kejadian seperti ini terus terulang walaupun audah dimatikan.





Ada beberapa cara untuk mengatasi kerusakan jenis ini, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengecek kualitas jaringan internet. Pastikan jaringan internet nya dalam keadaan bagus, jika buruk kemungkinan jaringan internet inilah yang banyak memakai daya baterai, sebaiknya anda mematikan jaringan data saat mengisi baterai.

Perhatikan gambar jaringanya, tanda warna coklat artinya jaringan internet buruk dan bisa memboroskan baterai.
Gambar baterai dengan jaringan buruk..

Periksa kembali aplikasi pemboros baterai, jika ditemukan segera hentikan paksa aplikasi tersebut.
Penggunaan hp android membuka banyak aplikasi tapi lupa menutupnya juga menjadi sumber masalah.

Rata- rata waktu pengisian baterai memakan waktu hinggs 1.5 jam tergantung kapasitas baterai dan charger yang anda gunakan, kerusakan bisa juga terjadi pada kepala charger.
Pada saat pengisian setelah selang waktu 1 menit lakukan pemeriksaan suhu terhadap kepala charger (adaptor) jika dirasa cukup panas berati daya masuk sempurna dan hp akan jauh lebih cepat terisi hingga penuh, tetapi jika panas nya sedang berarti arus nya hanya masuk separu segera lakukan re-connect kabel usb.

Hal yang harus anda hindari ketika mengisi daya agar lebih cepat penuh:
Jangan dicharger sambil digunakan karena akan memperlambat pengisian daya dan memperpendek usia pakai baterai.
Jangan mengaktifkan koneksi data internet, berdasarkan analisis saya jaringan internet yang buruk bisa memakan daya batetai yang lebih besar.
Jangan membuka banyak aplikasi, segera tutup semua aplikasi yang berjalan dilatar belakang atau yang pernah anda buka sebelumnya.


Tidak hanya itu, penggunaan fast charging yang tidak benar juga bisa menjadi penyebab tidak terisinya baterai, perhatikan kembali apakah hp anda mendukunh fast charging atau tidak.
Harap berhati-hati memilih fast charging, hp jaman sekarang kebanyakan yang hanya mendukung fast chargging dengan arus 2Ampere saja, jika arusnya melebihi bisa menyebabkan dioda charger terbakar / panas.


Berikut ini beberapa penyebab terjadi pengisian yang lama:


  • Charger Yang sudah lama / Rusak

  • Anda mungkin tidak menyadari berapa sebenarnya arus yang sedang dikeluarkan oleh charger itu sendiri, dulu saya sempat kaget ketika melihat hasil pengukuran arus yang keluar dari charger itu hanya 200mAh saja setelah dikoneksikan ke hp.
    Jika anda tidak mempunyai usb tester atau alat ukur, anda bisa mengeceknya dengan memastikan kepala charger (adaptor) tetap panas dengan suhu yang agak panas saat melakukan pengisian. Jika dirasa dingin segeralah ganti kepala charger.


    Anda mungkin tidak menemukan kerusakan apapun, tapi percayalah setelah anda melakukan beberapa langkah yang saya sebutkan diatas anda akan paham sendiri.
    Bandingkan dengan sebelumnya, saya sudah melakukanya.

    Yang dulunya saya charging sambil digunakan, bahkan sambil akses data aktif mengisi daya jauh lebih lama dari jam 1 siang hingga jam 8 malam hanya terisi 40% saja.
    Tapi setelah saya periksa dan lakukan langkah diatas alhamdulilah hanya dalam 2 jam saja baterai terisi 100% menggunakan fast charging bold 2Ampere.



  • Kabel Usb sudah jelek
  • Pastikan kabel usb anda masih bagus, caranya dengan membandingkan mengisi daya dengan usb mu dan usb lainya ada perbedaan berati usb mu rusak.  




  • Dioda Charger HP putus
  • Setelah melakukan pengecekan dan beberapa langkah diatas anda munkin tidak menemukan adanya kerusakan, tapi biasanya kerusakan pada bagian ini.
    Ini dikarenakan keseringan menggunakan fast charging sehingga dioda pada HP terlalu panas hingga akhirnya putus.
    Anda bisa menggunakan power supplay dengan ampermeter untuk mengecek ini.

    Post a Comment for "Cara mengatasi HP Tidak masuk saat dicharge"