-->

Cara sambung kembali headset yang putus


Hi, Pernakah kamu mengalami kabel headsetmu putus atau mungkin tidak sengaja terputus, bagi sebagian orang pasti akan membeli yang baru mengingat harga yang standart nya sangat murah sekali. Tapi buat kamu yang suka oprek hp atau alatmu sendiri berikut ini saya bagikan tutorialnya berdasarkan pengalaman saya.


Sebenarnya sangat mudah sekali menyambung kembali kabel headset kamu yang putus, tinggal sambung aja kabel nya sesuai warna yang ada. Bagaimana jika jack audio nya sudah rusak dan diganti yang lain apakah masih bisa? Jawab nya tentu saja bisa, karena pada jack audio itu sama hanya berbeda pin nya saja ada yang 4 pin dan ada yang 3 pin. Perlu kamu ketahui kalau jack audio yang 3 pin itu tidak ada jalur mic nya, jalur mic nya sudah digabung ke ground sedangkan yang punya 4 pin ada jalur mic nya.
Dibawah ini adalah contoh pin kabel dan warna berdasarkan sambungan standard nya.



Cara penyambunganya cukup mudah sih, kamu tinggal sambung saja sesuai warna pada gambar diatas, kabel ground biasanya berwarna orange atau kuning emas tembaga. kabel ground dihubungkan ke sepeaker kanan, speaker kiri, dan mic. Lalu masing masing warna kabel tadi dikombinasikan karena warnanya sama sambung saja masing masing kabel yang sama tadi.

Bagaimana kalau tidak berfungsi setelah disambung?
Pertanyaan ini kerap kali muncul dikalangan pemula, hal ini disebabkan kemungkinan ada kabel yang putus pada jack audio maupun headsetnya, saya merekomendasikan cek terlebih dahulu masing masing jalur kabel dan kualitas speaker headsetnya sebelum di eksekusi agar apabila ada salah satu yang rusak kita bisa menggantinya tanpa harus susah payah membongkar kembali. Tidak hanya itu terkadang posisi kabel berbeda dengan urutan pin jack audio secara umumnya hal ini bisa jadi penyebab headset sambunganmu tidak berfungsi. Harap di cek apakah jalur dan warna kabel sesuai dengan pin jack audio diatas?, jika tidak pastikan kamu menggantinya dan tidak berpatokan pada warna yang ada.

Sebelum menyambungkan kabel kupas dahulu emailnya, bakar sedikit ujung kabel yang akan disambung buang kulitnya dan kresek emailnya dibakar dahulu sebelum di kresek dengan gunting atau pisau, pastikan juga kabel kresekan tadi bersih, agar suara listrik mengalir dengan lancar tanpa hambatan.
Selanjutnya silakan tambal atau lem dengab lax ban bagian yang disanmbung, kalau ada kesalan silakan cek perlahan lahan letak kesalahanya jangan sampai salah sambung pin dan posisinya sudah saya letakan diatas usahakan jangan terlalu berpatokan dengan warna.

Saya sudah mencobanya dan yah, wort-it lah triknya buat nyambung kabel headset bekas / rusak kembali bisa dibunakan.

Post a Comment for "Cara sambung kembali headset yang putus"