-->

Cara mengatasi notif ads.txt dan penghasikan beresiko pada Adsense

Mengatasi penghasilan adsense beresiko


Apa itu ads.txt? Kamu mungkin penasaran, ads.txt adalah sebuah file teks biasa yang disimpan didalam folder awal website kamu, sehingga bisa diakses dengan mengetikan https://www.domainkamu.com/ads.txt. Kegunaan dari file ini adalah sebagai hak jual yang terverifikasi kepada inventaris pengiklan. Saya rasa hampir semua situs advertisment dan penyedia hasa layanan periklanan resmi menggunakan file ini sebagai media verifikasi situs meraka. Karena penayangan iklan harus mempunyai pertanggung jawaban dan hak atas akses situs mereka serta tanda bukti bahwa mereka benar-benar menjual slot iklan pada situs tersebut.

Pada Google Adsense sendiri juga ada loh, file ini biasnya disediakan dalam bentuk file langsung. Kalau kamu tidak menambahkanya ke hosting website kamu maka akan selalu muncul notifikasi berlatar belakang merah dengan bunyi "Penhasilan anda bereksiko, silakan perbaiki untuk mencegah dampak yang serius terhadap penghasilan anda."

Memang sih, dampaknya akan sangat serius bila kita tidak memasangnya. Pendapatan kita akan lebih kecil, hal ini disebabkan karena sedikitnya inventaris pengingklan yang mau memasang iklan mereka di situs mu. Sehingga banyak iklan yang blank hanya mnampilkan kotak kosong alias tidak ada iklan sama sekali.

Cara mengatasi hal ini cukup mudah lakukan langkah berikut ini:
  • Pada halaman dahsboard, tepanya pada notif ads.txt silakan klik menu aksi atau perbaiki
  • Selanjutnya kamu akan diminta mengunduh file yang berisi teks ads.txt (unduh file tersebut)
  • Jika kamu menggunakan hosting maka kamu bisa mengunggahnya secara langsung ke folder utama tepat di folder public_html. Tapi bila kamu menggunakan blogger, buka file ads.txt tadi dengan notepad lalu salin kodenya. Masuk ke blogger kamu => Preferensi penelusuran => pada bagian ads.txt custom aktifkan dan paste teks yang sudah kamu salin sebelumnya.



Secara umum notif yang ada pada dashboard akun adsennse kamu akan hilang dalam waktu beberapa hari atau beberapa minggu. Silakan abaikan saja, jangan kawatir nanti akan hilang sendiri kalau kita sudah melakukan langkah diatas dengan baik dan benar.

Jika selama dua minggu notifnya belum hilang juga, bisa dipastikan ada sedikit masalah. Masalanya bisa dari website kita sendiri atau dari kesalahan goolge dalam memberikan notifikasi.

Pastikan kamu tidak mengaktifkan robots.txt jika kamu mengaktifkanya harap jangan memblokir user agent dari google adsense (media partnert, google).

Coba akses file ads.txtnya yang ada di situs kamu dengan mengetikan URL domainmu.com/ads.txt pastikan kamu bisa melihat file tersebut bukan menampilkan halaman 404 not found.

Seharusnya bila kamu sudah melakukan langkah langkah yang tepat terkait pemasangan ads.txt yang benar bisanya dalam waktu beberapa hari saja sudah hilang notifnya. Jika terus brlanjut biarkan saja sampai dia hilang sendiri.


Cara mengatasi notif ads.txt yang muncul secara tiba-tiba

Notif yang muncul secara tiba-tiba artinya file ads.txt yang ada pada situs kamu hilang atau sudah tidak bisa diakses lagi. Jika kamu menggunakan blogger dengan domaim TLD dan baru saja menambahkan subdomain di blog baru hal ini wajar terjadi.

Penyebabnya karena redirect ke www. pada domain utama kamu akan otomatis tidak aktif, sehingga sehingga bila domain kamu diakses tanpa www akan menampilkan halaman tidak tersedia atau sudah dihapus.

Secara umum www sudah digunakan oleh blogger sebagai awalan website yang menggunakan domain TLD, saya rasa semuanya harus menggunakan www setelah mengupdate blog mereka ke TLD. Jadi kamu diwajibkan mencetang redirect otomatis dari non www ke www pada setelan domain kamu.

Cara lain memperbaikinya adalah dengan mencopot kode ads.txt yang sudah ada selama beberapa waktu, sekitar 12 jam cukup kok. Lalu pasangkan kembali seperti semula. Saya yakin dengan cara seperti ini kamu bisa mengatasinya.


Baiklah sampai disini dulu pembahasan kita mengenai cara mengatasi ads.txt yang selalu muncul pada akun Google adsense kalian. Semoga bermanfaat bagi kita semua, bila ada pertanyaan lain silakan tanya dikolom komentar.