-->

Akun adsense saya dibanned, ketahui penyebabnya

Akun Adsense kamu dinonaktifkan mungkin ini penyebabnya

Blog kak Ryan - Pada artikel kali ini kita akan belajar mengenai apa saja penyebab akun adsense dibanned secara permanent serta bagaimana cara mengamankan akun adsense kita agar tahan lama.

Menjaga agar kemitraan kita dengan google tetap berlanjut memang sedikit lebih sulit, karena kita harus mematuhi semua kebijakan yang diterapkan oleh adsense. Seperti yang kita ketahui, kebijakan google Adsense itu sangat banyak sekali. Tapi dari semua peraturan yang ada hanya beberapa diantaranya yang paling kita ketahui.

Beberapa peraturan kebijakan yang kita ketahui seperti tidak boleh melihat iklan sendiri, tidak boleh mengklik iklan sendiri, tidak boleh memposting konten atau hal-hal yang dilarang.

Pada tahun 2018-2019 saya melihat banyak sekali akun teman-teman kita yang dinonaktifkan oleh pihak google. Saya belum tahu pasti apa penyebabnya, karena saya melihat begitu banyak orang yang terkena dampak. Hampir semua dari mereka memposting keluhan masing-masing dengan capture email berisi pemberitahuan akun yang telah dinonaktifkan.

Dugaan saya sementara, kejadian ini disebabkan karena si pengguna adsense terlalu sering membuka website mereka. Sehingga secara tidak sengaja mereka melihat iklan tersendiri.

Memang sih jika melihat iklan sendiri hanya satu-dua kali saja mungkin dampaknya tidak akan terlalu serius. Akan tetapi sangat berbahaya jika mengunjungi blog sendiri hingga lebih dari beberapa kali refresh halaman. Resikonya memang tidak bisa dirasakan dalam jangka waktu yang cepat, tapi bisa kita lihat pada penghasilan di awal bulan.

Ada tandanya saldo yang masuk dikurangi berkat adanya traffik yang tidak valid. Traffik tidak valid bukan hanya berasal dari sumber non organik saja, akan tetapi bisa juga berasal dari traffik yang disebabkan oleh kita sendiri. Namun sampai sekarang belum diketahui pasti mengenai alasan kenapa begitu banyaknya akun adsense yang kena dissable tahun lalu.

Saat ini google menggunakan robot filter khsusus dalam algoritma mereka untuk menentukan akun mana saja yang melanggar. Jadi sebaiknya kamu menghindari apa yang seharusnya dilarang agar kamu terhindar dari filter ini dan akun adsense kamu tetap aman, berikut ini ada beberapa hal yang dilarang dalam periklanan google adsense.
  1. Tidak boleh memasang terlalu banyak iklan pada halaman yang hanya memiliki sedikit konten atau tidak mengandung manfaat sama sekali.
  2. Tidak boleh membuat membeli traffik yang bisa meningkatkan penghasilan kamu, maka dari itu terlalu sering berbagi link blog di facebook tidak direkomendasikan.
  3. Publisher tidak boleh melihat maupun mengklik iklanya sendiri
  4. Tidak boleh memposting konten vulgar dan konten berbahaya lainya (saya tidak bisa sebutkan satu-satu karena kata-katanya bisa terdeteksi oleh adsense).
  5. Tidak boleh menggunakan iklan overlay atau memasang iklan melayang pada hamparan layar.
  6. Masih banyak larangan-larangan lainya.



Untuk menjaga agar akun adsense kamu tetap aman sebaiknya kurangi aktifitas pamer dan share link ke facebook. Karena traffik dari fcebook seringkali menyebabkan aktifitas klik iklan yang dianggap tidak valid. Apalagi jika ada yang jahil, maka kemungkinan mereka akan mengganggu kita. Seperti yang kita ketahui bahwa tidak semua orang menyukai apa yang kita suka.

Selain itu hindari memasang backlink berlebihan di sembarang situs atau membuat blog safelink. Meskipun dikenal legit (menghasilkan) tapi traffik yang bukan berasal dari minat orang yang masuk ke situs kita sering kali dianggap sebagai traffik tidak valid, terlebih lagi bila mereka tidak sengaja mengklik iklan. Google mungkin akan menduganya sebagai aktifitas yang mencurigakan, contohnya:

Kamu membuat blog safelink yang tidak memiliki traffik sama sekali dari mesin pencari. Lalu kamu mendapatkan banyak traffik dari sumber tertentu, sistem filter googel akan bekerja pada halaman kamu. Biasanya pada halaman yang sangat ramai pengunjungnya, halakan tersebut akan selalu di awasi untuk memastikan kepatuhan terhadap kebijakan adsense.

Kasus yang serupa pernah terjadi dengan akun saya yang terkena pelanggaran tingkat situs. Kemarin saya memposting artikel berita artis tik tok yang trending itu, namun beberapa hari kedepan saya mendapati sebuah email dari adsensePolicy.

Isinya berupa pemberitahuan kalau artikel saya berisi konten dewasa, padahal artikel saya itu hanya memuat seputar informasi berita saja. Namun saya heran kenapa bisa dicap seperti itu, kemudian saya ajukan minta peninjauan.

Setelah ditinjau saya mendapati pelanggaran kebijakan berupa konten yang tidak memiliki manfaat atau tidak ada konten sama sekali. Sehingga saya harus mematikan iklan pada halaman tersebut, padahal artikelnya page one.

Karena peraturan Adsense sudah ketat, maka ada baiknya kita mematuhi kebijakanya. Selain itu kurangi kegiatan seperti dibawah ini :

1. Kalau dulunya kalian suka BW (Blog Walking) dengan meminta 1x klik iklan sekarang hentikan hal tersebut, suatu saat pasti bakalan ketahuan juga. Sistem Google sudah canggih sob.

2. Biasanya kalau ada komentar baru kamu akan membalasnya dengan membuka / mengunjungi blogmu sendiri kan? Sekarang hentikan tindakan itu. Gunakan platform komentar yang bisa kamu balas dari tempat lain, disqus misalnya.

3. Hindari membagikan link Blog ke Facebook secara berlebihan, karena selain berpotensi membahayakan Adsense. Domain blog mu juga rawan kena blokir FB, sekarang orang yang tidak suka dengan kita main Report.

4. Jika artikel kamu kurang dari 1000 kata, sebaiknya pasang minimal 2-3 iklan saja. Memasang iklan berlebihan sangat beresiko, saat traffik tinggi kamu akan mengalami hal yang sama seperti yang saya ceritakan diatas.


Mengatasi Traffik tidak valid dari bot viewer

Memasang kode iklan adsense secara langsung, bila yang view adalah web capture maka iklan tersebut akan tetap tayang, contohnya tampilan view halaman pada menu tema blog. Auto jinggling, web iframe Etc.

Maka dari itu kita harus memasang script LazyLoad Adsense, memasang script lazy on scroll yang bisa kamu terapkan di blog. Jadi iklan tidak akan muncul saat halaman blog kamu hanya di kunjungi saja dan tidak ada aktifitas scrolling.

Hal ini juga akan meringankan beban traffik tidak valid saat ada orang yang hanya iseng doang membuka banyak halaman web kau di beberapa tab window browser, namun tidak dibaca.

Kamu juga boleh memasang script AntiBom Click iklan, sudah banyak kok yang posting scriptnya. Cara kerja script anti bom klik iyalah menghintung jumlah klik yang ada pada div iklan, jika dalam waktu interval yang sudah ditentukan terjadi lebih dari 3 klik maka script akan menyembunyikan iklan beberapa hari jika visitor tersebut mengunjungi blogmu.


Terkena pembatasan iklan
Penayangan iklan bisa dibatasi jika kamu terlalu sering mendapatkan traffik dari sumber tertentu, keseringan mengunjungi blog sendiri, atau terkena dampak klik berlebihan dari 1 IP.

Saat ini hampir semua aktifitas traffik yang ada pada situs kamu dipantau setiap harinya, adsense manggunakan bot otomatis berdasarkan algoritma mereka untuk menentukan pelanggaran kebijakan atau aktitfitas mencurigakan yang bisa merugikan pengiklan.

Pembatasan iklan biasanya hanya bersifat sementara, dan akan hilang setelah 1 bulan, jika kamu penasaran mengenai topik traffii tidak valid yang bisa menyebabkan terjadinya pembatasan iklan silakan baca tips cara mengatasi traffik tidak valid berikut ini.

Cara menggunakan Adsense yang baik dan benar adalah berebut pengunjung dari search engine, mempertahankan pengunjung agar selalu berada di web kita lebih lama dan buat agar mereka kembali lagi ke web kita dilain waktu. Bila ada share di sosmed biarkan share itu murni dilakukan orang lain, kebanyakan kamu melakukanya shared sendiri sehingga di FBpun tercatat yang membagikan link kamu doang gak ada yg lain jadi kalau domain direport orang bisa-bisa kena blokir FB.

Kenapa harus traffik google? Ya karena biar klik iklan jadi sah, adsense sangat menyukai traffik berdasarkan minat. Jika ada traffik berdasarkan minat kemungkinam harga cpc iklan juga akan meningkat.