-->

Ingin membuat bot telegram? Netzku.com solusinya



Di era modern seperti sekarang, program aplikasi berbasis cloud dan bot telegram seiring waktu semakin di minati. Bot telegram sudah banyak membantu kita dalam kehidupan sehari-hari.

Mungkin di sini ada yang baru mendengar istilah bot telegram. Bot telegram adalah sebuah akun yang di sediakan oleh telegram sendiri. Akun spesial untuk berkomunikasi dengan server eksternal.

Apa saja manfaatnya? manfaatnya kita bisa mengelolah data di sisi server, melakukan proses input data langsung dari telegram. Bot juga mempunyai akses ke Grup, Channel, Dan Users dimana memungkinkan program untuk dapat berinteraksi dan mengelolah obrolan.

Telegram merupakan aplikasi yang sangat ideal dan cocok sekali digunakan sebagai cloud storage. Telegram hanya membatasi maksimal 2GB upload per satu file untuk pengguna gratis, dan maksimal sampai 4GB upload untuk pengguna premium.

Keunggulan dari aplikasi telegram adalah kehandalanya dalam menangani berbagai jenis transfer file dengan kecepatan yang cukup tinggi dibandingkan cloud storage seperti Google Drive, Terabox, Yandex Disk atau lainya.

Keunggulan lain adalah tidak ada batasan terhadap berapa banyak files yang dapat di unggah ke server telegram. Tentu menjadi suatu hal menarik bagi pengguna, banyak pengguna mengembangkan bot untuk mentrasnfer file dari server lain ke server telegram.

Selain itu file sharing bot masih menjadi hal yang populer di telegram. Setiap file yang di unggah ke server telegram akan tersedia secara publik, dan bisa di akses oleh siapa saja. Penyebaran file dari telegram sebatas pada ID file terkait.

ID file terkait merupakan identifikasi unik yang rahasia, dengan ID file terkait seorang atau siapa saja dapat mengirim dan mengakses sumber media tersebut.

Namun tidak peru khawatir tentang keamanan data, telegram adalah aplikasi yang cukup aman. Metode enkripsi yang ketat, tidak mungkin adanya man in the middle dalam aplikasi telegram.

Kecuali, jika kita sendiri sebagai pemilik file menyebarakan ( forward ) pesan media terkait ke orang lain. Pada intinya secret file id akan tersedia secara global apabila pemilik asli menyebarluasknaya ke grup atau kanal lain.

Telegram digunakan oleh berbagai kalangan Instansi Kepolisian, Organisasi Masyarakat, dan banyak lagi. Fitur utama yang paling di sukai adalah Bot mereka, bot memungkinkan proses input data hanya melalui chatting biasa P2P.


Bagaimana cara kerja bot telegram?

Cara kerja bot telegram itu sulit untuk di pahami, tapi akan lebih mudah di pahami bila di jelaskan secara sederhana. Bot telegram merupakan akun khusus atau kita kenal dengan API Official telegram.

Akun ini dapat di buat dan di manage lewat akun @botfather, untuk membuat akun bot tidak di butuhkan nomor HP seperti biasa kita membuat akun personal.

Setelah membuat akun bot anda akan mendapatkan API KEY yang di kenal dengan istilah BOT TOKEN. Bot token telegram merupakan kode unik yang digunakan untuk otorisasi pertukaran data antara server bot dan server telegram.

Untuk apa menggunakan server? Server di butuhkan, karena bot telegram merupakan program software mandiri yang tidak ada hubunganya dengan telegram. Jika kamu punya aplikasi kasir online, mungkin bisa di integrasikan untuk di buat versi Bot telegramnya. So kamu bisa mendapatkan audiens dari telegram.

Apakah Bot telegram Berbayar?

Tidak, bot telegram dapat di buat secara gratis. Anda bisa membua bot sendiri dan mencoba menginstall  program bot ke windows lewat CMD, pada github ada banyak sekali source programs bot telegram yang siap pakai dan bisa langsung di install.

PC windows pribadi mungkin tidak akan bisa online terus menerus selama 24/7, oleh sebab itu di butuhkan servers. Di sinilah kamu harus membayarkan uang untuk menyewa fasilitas server untuk menjalankan bot telegram selama 24/7 dalam seminggu.

Telegram sendiri tidak menjual API mereka seperti WhatsApp, pemilik bot hanya perlu menyediakan sumber daya server guna menjalankan aplikasi mereka sendiri. Banyak bot telegram mati, tidak jalan karena server sendiri perlu biaya operasional.


Bagaimana cara mempunyai bot telegram custom?

Jika kamu ingin membuat bot telegram custom sendiri, kamu bisa mempelajari bahasa pemrograman python sebelum membuat bot telegram. Python merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang mudah di pahami.

Pelajari struktur data, type data, syntax, fungsi, cara penulisan, dan juga pustaka-pustaka python. Pustaka yang sering digunakan dalam pembuatan bot telegram di antaranya ada Telethon, Pyrogram, dan banyak lagi.

Jika tidak memungkinkan belajar, kamu bisa mencari jasa penyedia bot telegram yang sudah berpengalaman. Salah satu jasa bot telegram saat ini yang masih open, dan sudah berpengalaman selama 3 tahun adalah Netzku.com 

Umumnya bot telegram yang sering di buat oleh Netzku adalah jenis bot yang menggunakan pendekatan API official, dibandingkan bot dengan sistem long poling. Harga bot telegram yang di sediakan oleh Netzku bervariasi, mulai dari 150rb hingga 1 jutaan tergantung fitur.


Jenis program apa saja yang bisa di jadikan bot telegram?

Banyak, asalkan tidak terlalu membutuhkan input data yang kompleks ada banyak jenis program yang dapat di jadikan sebagai bot telegram. Berikut ini adalah jenis-jenisnya
  • Bot chat anonim, untuk chat P2P dengan orang lain
  • Bot Pendaftaran laporan tiketing atau alerting
  • Bot transfer file downloader ( memindahkan file dari server luar ke server  telegram )
  • Bot Grup Management ( mengelolah grup telegram )
  • Bot Permainan Online ( Telegram kini support Mini App yang berjalan di atas app telegram )
  • Bot toko online virtual ( sama seperti di atas )
  • Bot Q&A ( Qusestions and answer berbasis AI )
  • Bot pencatatan stock gudang 
  • Bot Program Spy Atau SpyOnBOT
  • Bot File sharing Untuk membagikan file dan memprivate file 
Ada banyak sekali program yang dapat di konversikan ke bot telegram, hanya saja ide nya sulit dicari. Banyak developer dapat mengembangkan program tersebut, tapi jika manfaatnya jauh lebih rendah pertimbangkan lagi. 

Develop bo telegram akan menelan biaya cukup mahal, effort, dan wakttu.  Hanya buat bot telegram yang mempunyai manfaat lebih banyak dibandingkan kerugiannya.



Mungkin cukup sampai di sini penjelasan mengenai bot telegram, saya rasa semua ornag sudah paham mengenai program ini. Yang terbatas hanya pada developer, nggak semua developer mau membuat atau merancang program terkait.

Kecuali mereka di bayar dengan harga mahal, mau bikin bot experiment yang tidak menentu hasil akhirnya seperti apa juga tidak masalah. Developer sendiri merupakan seorang pekerja yang menghabiskan waktunya dengan menjual jasa.

Post a Comment for "Ingin membuat bot telegram? Netzku.com solusinya"