-->

Nyobain Tws Bluetooth dari MI Airdots versi KW, awet banget

Tws Bluetooth true wirelless stereo

Ini adalah post bagian dua dari postingan pertamaku yang mereview TWS KW dari MI Airdots, aku yakin kalian pasti tertarik ingin membeli TWS (True Wirelless Stereo) salah satu headset mini yang benar² tanpa menggunakan kabel. Aku punya MI Airdots yang dibeli beberapa bulan lalu dari Tokopedia, versi yang aku dapatkan yakni baterai Charger case 500mAh dan masing² baterai Eardotsnya 150mAh.

Alat ini pernah saya gunakan buat dengerin musik tanpa henti dengan baterai terisi penuh, hasilnya bisa bertahan selama 2 jam. Lumayan lama, kemudian dalam posisi stanby bisa bertahan selama 8 jam lebih tanpa harus dimasukan ke charging case. Aku hidupin airdotsnya dan aku biarin selama semalaman, dari pagi hampir semua suara game, musik, notifikasi whatapps, dan video dikirim ke Airdots dengan baterai 150mAh.

Dalam penggunaan jarang putar musik, dia luamayan bisa bertatahan lama. Ini pengalaman pertama aku melihat produk KW yang mempunyai daya tahan hampir seharian. Dari segi harga sudah kelihatan beda, TWS original harganya 350ribuan sementara OEM (KW) bisa didapat di harga 80ribuan saja.

Sementara buat charging case bisa digunakan untuk 2-3x charger dalam posisi baterai kosong. Memang tidak bisa berharap banyak, tapi kalau dihitung pemakaian TWS 2-8jam sehari tergantung banyaknya playmusic/sound yang kita lakukan itu artinya 2-3x pengisian bisa bertahan dalam waktu 3 hari.

Benar banget, aku seminggu sekali melakukan pengisian pada charging case. Pernah disimpan selama sebulan dengan keadaan baterai 70% awet juga, walaupun tanpa dilengkapi tombol on off buat matiin powernya ternyata setelah sebulan masih bisa digunakan dengan baik tanpa kendala lowbat atau apalah.

Saya kagum dengan teknologi otomatisnya, dia benar-benar mati ketika pengisian penuh. Sehingga charging case tidak kehilangan lebih banyak daya, juga pada kedua unit TWS. Ketika tidak terkoneksi dengan Bluetooh, dia akan mati dalam beberapa menit.

Teknologi otomatis juga terdapat pada pengisian daya charging case, ketika kita sedang memasukan unit tws. Pengisian dimulai, setelah penu proses pengisian daya dihentikan secara otomatis. Sehingga baterai pada charging case lebih terjaga, masih bisa digunakan untuk 1-2x pengisian.

Dalam segi suara, kualitasnya standar. Masih bisa mendengarkan suara bass jedug jedug rendah tapi terasa kurang tenaga. Bagi saya dengan kualitas bass seperti itu sudah cukup, kalau saya ingin mendengarkan musik dengan suara bass yang nendang saya biasanya menggunakan HeadPhone yang besar.

Headset ini sering saya gunakan untuk menonton film Anu, saya bisa mendengarkan suara gadis yang lumayan nyaman. Saat artikel ini di tulis, saya sudah pairing antara Bluetooth dengan salah satu unit TWS dari jam 1 Malam, sampai jam 7 pagi terbaca sisa baterai 70%.

Oh iya, saya dapatkan ini di Tokopedia dengan harga diskon 44ribuan. Harusnya sih saya bisa dapatin dengan harga lebih murah lagi, senang banget saya bisa memiliki TWS terkesan seperti premium ini. Dalam paket pembelian saya hanya mendapatkan 1 unit MI ardots dalam kotak Charging Case, kemudian satu pasang tambahan karet, dan saya tidak mendapatkan USB mini.

Cocok buat konsumen yang punya budget terbatas, harga asli Rp 87.000,- jauh lebih murah dibandingkan harga Original Rp 320.000,-. Harga beda tapi kualitas tidak mengecewakan, buang jauh² prasangka buruk anda. Tidak semua barang KW itu jelek.

Update 09/03/2021 jam 13:17
Dengan instensitas penggunaan sedang, kadang ada suara, kadang tidak tws ini sanggup bertahan hingga jam 13 siang. Semalam saya sempat gunakan untuk menonton video selama 30 menit dalam posisi suara selalu aktif, kemudian pagi tadi juga saya gunakan untuk mendengarkan musik selama 20 menit. Kondisi baterai masih tersisa 69%, lumayan awet seharian smartphone saya selalu terhubung dengan salah satu tws yang ada. Jangan ragu membeli TWS Non Original / OEM, kualitasnya masih dijamin bagus berbeda dengan produk replika / tiruan.


Mengnal Lebih dalam Tentang Tws Bluetooth

TWS adalah singkatan dari True Wirelless Stereo, yang dimana bila dibahasa indonesialan adalah perangkat headset yang benar-benar tanpa kabel dan juga dual channel. Sebelum adanya Mi Airdots Iphone lebih dahulu memperkenalkan produk IPods mereka, dari sanalah akhirnya produk jenis headset wirelless berkembang jadi lebih banyak varian.

Cara kerjanya sih gampang, didalam sebuah headset mini terdapat unit chip, baterai lithium kecil, michrophone, dan juga speaker. Kebanyakan sudah menggunakan chip Bluetooth 4.0, alat ini memungkinkan kita bisa mendengarkan musik tanpa menggunakan kabel. Kemudian teknologi pengisian daya, alat menggunakan charging case yang disulap menjadi powerbank. Didalam charging case terdapat unit baterai dan powerbank yang mampu menaikan tenggangan dari 3.7v baterai lithium menjadi 5volt untuk mengisi ulang daya pada headset TWS.

Dengan kombinasi tersebut alat ini bisa bertahan dalam jangka waktu yang lama tanpa harus selalu membutuhkan adaptor. Kalau baterai TWSnya sudah lemah, cukup disimpan saja ke dalam Charging Case secara otomatis TWS akan mengisi dayanya sendiri.

Sementara kelemahan menggunakan TWS adalah, kualitas suara yang dihasilkan lebih kecil dibanding menggunakan headset berkabel. Soalnya speakernya dibuat lebih kecil demi menghemat penggunaan baterai. Kemudian bagian microphone, beberapa TWS dilengkapi dengan alat perekam. Nah sayangnya alat perekam ini tidak berada dekat dengan sumber suara (Mulut), sehingga ketika kita menggunakannya untuk menelpon suara direkam lebih kecil. Pendengar mungkin akan kesulitan memahami suara kita melalui telepon.

Penggunaan Tws bluetooth sangat cocok untuk mendengarkan musik tanpa harus menelpon atau video call, mungkin kalau versi original bisa mendapatkan kualitas suara yang bagus. Sementara untuk kualitas KW atau OEM, hanya mampu memberikan kualitas suara yang standar. Tidak terlalu buruk dan tidak juga terlalu bagus pokoknya standar.

Post a Comment for "Nyobain Tws Bluetooth dari MI Airdots versi KW, awet banget"