-->

Penyebab Youtuber Pemula nggak pernah Sukses!

Hai teman-teman lagi di blognya kak ryan, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit informasi mengenai youtube. Tahukah kamu apa itu youtube, youtube adalah platform berbagi video daring yang sangat populer saat ini. Berkat kemudahan dalam membuat video bahkan memproduksi video ada ribuan bahkan jutaan video tiap harinya diunggah ke youtube. Tidak hanya itu, video ditonton tiap hari oleh jutahan orang di seluruh dunia, youtube ini berkembang menjadi media bisnis. Tak heran jika anak-anak udah banyak melirik youtube sebagai media untuk mendapatkan keuntungan. Bisa kita lihat saat ini, sudah banyak sekali orang yang mencoba untuk membuat akun youtube mereka.

Membuat channel youtube memang tidaklah sulit, akan tetapi mengembangkan sebuah channel justru lebih sulit. Kalau dulu youtube tidak membutuhkan peraturan seperti yang sekarang ini, siapapun bisa mengunggah video dan memodifikasi nya menggunakan adzan sampah harus ada persyaratan apapun, kecuali persyaratan kebijakan layanan. Semenjak diberlakukan nya kebijakan baru dan persyaratan baru membuat orang-orang kesulitan untuk membuat mengembangkan sebuah channel.
Kesalahan Youtuber Pemula


Agar channel bisa menghasilkan uang dan dimodifikasi menggunakan adsense, channel tersebut harus mencapai 4000 jam tayang dan minimal 1000 subcriber terlebih dahulu yang merupakan salah satu persyaratan untuk bergabung ke program partnert youtube. Nah saat mengembangkan channel untuk mengajar 4000 jam tayang dan 1000 subcriber inilah yang menyulitkan bagi para kreator. Channel kecil akan sulit sekali untuk mendapatkan seribu subcriber, tapi di jaman yang serba modern saat ini hal tersebut menjadi lebih mudah. Hampir sebagian orang di seluruh dunia lebih suka menonton youtube daripada menonton televisi. Namun mereka sebenarnya melakukan kesalahan yang sangat fatal sehingga channel mereka tidak sukses atau lama berkembang. Berikut ini beberapa kesalahan youtuber pemula yang wajib kamu hindari.


1. Kesalahan menentukan topik channel dari awal.

Kesalahan memilih topik atau niche channel sangat penting sekali bagi suatu channel youtube agar bisa berkembang. Kesalahan memilih topik channel inilah membuat channel sangat sulit untuk berkembang. Banyaknya jenis video yang diunggah ke youtube dengan berbagai topik membuat orang yang ingin subscribe ke channel mu menjadi kebingungan, sehingga kamu tidak mendapatkan subscriber dengan cepat.

Seperti biasa youtube selalu merekomendasikan apa video cinta yang lain kepada seseorang yang baru saja menonton video kita. jika video yang direkomendasikan youtube itu relevan, dan menarik perhatian makkah orang akan mengklik tombol subscribe. Tapi jika videonya campuran youtube akan bingung merekomendasikan nya dengan siapa dan vidio kita sulit mendapatkan penonton.


2. Kesalahan menggunakan lagu atau musik

Lagu atau musik merupakan bagian terpenting dari sebuah video, kesalahan memilih backsound bisa membuat video mu terkena klaim hak cipta atau bahkan bisa membuat janin mu gagal diterima monetisasi. Saya pernah melihat kasus, banyak channel teman-teman yang lama sekali ditinjau untuk pengajuan monetisasi.

Backsound ncs, biasa kita kenal dengan bebas royality tidak menjamin sepenuhnya bahwa lagu tersebut bisa digunakan secara gratis untuk komersial. Kesalahan inilah yang membuat banyak youtuber pemula gagal. Sebagai gantinya kamu bisa mengunduh track atau audio backsound di audio library yang sudah disediakan oleh youtube.


4. Kesalahan menambahkan metadata.

Metadata adalah bagian terpenting dari sebuah video, dengan metadata ilmu akan lebih mudah ditemukan di hasil pencarian bahkan di hasil rekomendasi video. Bagi anda yang belum mengetahui apa itu metadata, metadata adalah : judul video, deskripsi, dan kata kunci.

Bagian tersebut penting agar video mu lebih mudah dikenali dan lebih relevan saat direkomendasikan. Orang yang cerdik biasanya melakukan riset sebelum memberi judul video mereka, riset ini disebut juga dengan istilah SEO. Jadi tidak sembarang dalam memberi judul, deskripsi, dan kata kunci.

Jika kamu ingin mempelajari lebih lanjut bagaimana cara melakukan seo youtube. Saya sudah menyediakan artikel ini sudah saya publikasi kan beberapa hari yang lalu, silahkan baca pada artikel cara riset kata kunci video youtube menggunakan tubebuddy.


5. Tidak mementingkan kualitas dan manfaat video.

Apakah kamu termasuk salah satu orang yang seperti ini, kualitas video adalah seberapa menarik video mu di mata penonton. Banyak orang secara tidak sadar membuat video yang tidak diminati oleh banyak orang sehingga mereka kesulitan mendapatkan penonton. Manfaat video juga menjadi penyebabnya, video yang tidak mengandung manfaat sama sekali tidak akan ada orang yang ingin menonton.

Makanya sebelum mengunggah video, pastikan terlebih dahulu video mu bagus dan layak untuk ditonton banyak orang, serta memiliki manfaat. Video berjenis hiburan atau comedy memang tidak memiliki manfaat namun video tersebut harus dirancang menghibur penonton. Karena orang-orang yang datang ke youtube mereka ingin mencari informasi atau sekedar ingin mencari hiburan.


6. Kesalahan memberi thumbnail atau cuplikan video

Thumbnaild merupakan bagian pertama yang akan dilihat oleh orang saat menemukan video. Thumbnail yang bagus menggambarkan cerita singkat mengenai sebuah video. Mungkin orang yang mengklik video tersebut, mereka penasaran dengan isinya sehingga tertarik untuk menonton. Penggunaan cuplikan video yang tidak tepat bisa membuat video mu diabaikan saat orang melihatnya. Oleh karena itu, buatlah gambar cuplikan yang benar-benar bagus serta menarik perhatian banyak orang untuk menonton video mu.

Tidak heran jika banyak youtuber membuat cuplikan klick bait, untuk memancing para penonton. Namun ketahuilah hal tersebut adalah kesalahan besar jangan dilakukan ya!


7. Kesalahan dalam menggunakan konten.

Banyak orang yang hanya ingin mendapatkan hasil instan saja, sehingga mereka mereka mereupload video yang sudah ada. Ketahuilah bahwa hal ini sangat dilarang oleh youtube karena melanggar hak cipta, tahukah kamu channel calon sarjana dan youtube crash pernah dihapus oleh youtube karena menggunakan konten ulang atau biasa kita sebut dengan reuploader.

Walaupun reuploader masih diperbolehkan dalam batas wajar, itu tidak akan menjamin channel yang dikembangkan aman. Suatu saat sudah ada video yang di klaim, atau dihapus oleh pihak pemilik video aslinya akan sangat berdampak pada kualitas channel yang menggugah video tersebut. Bisa saja channel itu dihapus oleh youtube.

Menggunakan ulang content juga menjadi penyebab utama channel ditolak monetisasi. Dengan alasan penggunaan konten berulang, penggunaan konten berulang adalah mengunggah ulang suatu video tanpa memberikan nilai edukasi tambahan apapun ke dalam suatu video. Contohnya : mengambil bagian-bagian dari video orang tanpa ditambahkan narasi atau komentar apapun.

Berbeda dengan konten yang digunakan ulang, konten yang digunakan ulang adalah mengunggah 100% keseluruhan dari video yang diambil dari video orang.


8. Kesalahan terakhir, tidak mempertimbangkan kebijakan youtube.

Youtube mempunyai kebijakan tersendiri mengenai konten apa saja yang boleh diunggah ke youtube, dan tidak boleh. Kesalahan dalam mempertimbangkan hal ini bisa menyebabkan channel mu gagal dimonetisasi.

Saya berikan salah satu contoh : kamu membuat sepi sebuah video menerangkan cara penggunaan vape (Rokok elektrik). Sedangkan di youtube video yang membahas tentang rokok tidak bisa di monetisasi, hingga pada saat pengajuan untuk bergabung ke program partnert youtube dapat memonetisasi video pengajuan kamu akan ditolak mentah-mentah. Alasannya adalah pelanggaran kebijakan youtube.

Konten yang merugikan juga termasuk hal yang menggagalkan perkembangan channel. Misalnya kamu berbagi video bajakan, penggunaan aplikasi mod seperti whatsapp padahal aplikasi tersebut diperuntukkan untuk bisnis.

Konten tentang seksual atau hal-hal yang membalasnya. Video-video seperti itu tidak ramah iklan dan tidak bisa dimonetisasi.

Info selengkapnya mengenai tentang kebijakan apa saja yang dilarang di youtube kamu bisa membaca lebih lanjut melalui halaman kebijakannya.

Saat ini ada seseorang yang membahas maklumat seputar youtube secara mendalam, jika kamu ingin belajar youtube menjadi youtuber yang baik dan benar kamu bisa menonton videonya nama channelnya Den JC. Membahas apa saja seputar youtube, saya sudah menonton lebih dari 80 videonya oleh karena itulah saya memahami hampir semuanya yang ada di youtube. Saya rasa permasalahan yang ada di youtube itu sama hanya saja hanya sedikit orang yang memahaminya.

Oke baiklah terima kasih sampai disini dulu perbincangan kita hari ini. Sampai jumpa di lain waktu, semoga bermanfaat.