-->

Cara risset keyword youtube menggunakan TubeBuddy

Tips ini saya dapatkan dari bang Den JC alias jaka Caping, tubebuddy adalah tool gratis yang bisa kamu gunakan untuk keperluan seo seputar youtube. Tubbudy bisa menampilkan ringkasan analistik, capaian penghasilan dan bahkan melihat statistik analisis dari video orang lain.

Tubbebuddy tersedia buat ponsel android kamu bisa mendownloadnya secara gratis di playstore. Atau kamu juga bisa menambahkan add ons tubbudy ke chrome kamu, sayangnya pada ponsel android kamu tidak bisa menggunakan add on ini.

Tapi jangan kawatir, kamu masih bisa menggunkan aplikasinya walaupun tidak lengkap seperti versi web (add on). Atau kamu masih bisa mengakalinya dengan menggunakan Yandex Browser, setelah menginstall yandex Bowser tambahkan add on tubebuddy ke browser kamu.

Oke kita mulai ke risset yang pertama, sebelum kamu mempublikaaikan video sebaiknya video tersebut kamu lengkapi dengan metadata yang cukup. Seperti title, deskripsi, hastag, dan tags.
Untuk mencari keyword yang bagus sebayang memjudul silakan kamu ketikan kata kunci ide kamu pada halaman pencarian youtube, nanti akan muncul rekomendasi kata kunci. Nah pilih salah satu dari rekomendasi tersebut, kemudian cari juga dengan kata kunci yang berbeda namun topik tetap sama.
Mencari keyword


Ulangi langkah tersebut sampai kamu mendapatkan minimal 7 kata kunci hasil rekomendasi. Kata kunci rekomendasi itu dibuat karena banyak dicari orang, sekarang gunakan tubebuddy untuk mengecek apakah kata kunci yang kamu dapatkan itu bagus dan bisa digunakan sebagai judul video.

Gunakan tag explore untuk melihat kualitas keyword, jika pada dekstop kamu menggunakan add on. Kualitas keyword sudah otomatis muncul saat kamu mencarinya pada hasil rekomendasi. Keyword yang bagus adalah keyword yang memiliki search volume yang tinggi, low kompetitor, serta kualitas kecocokan / overal yang relevan.
Tahapan Kedua


Untuk mendapatkan kata kunci yang pasa bukan hanya untuk mesin pencari kamu bisa merangkainya menjadi dalam bentuk kata lain dan menambahkan kata tambahan namun jangan sampai melenceng dari arti sebenarnya. Jangan lupa catat hasil sugested keyword yang ada pada tubebuddy, kamu juga bisa menyalinya langsung ke papan klip.

Setelah susunan keyword selesai dibuat sekarang kamu buka youtube studio sunting videonya tadi. Barulah kami edit bagian judul dengan kata kunci yang sudah kamu dapatkan tadi. Setelah itu khusus bagian deskripsi.
Tahapan ketiga


Kamu rangkai kalimat sedemikian rupa yang menceritakan sedikit seputar video kamu. Pada baris akhir deskripsi tambahkan kata 7 kata kunci yang telah kamu catat tadi pisahkan dengan baris baru ataupun tanda koma. Sampai disini kita hampir selesai, tapi jangan lupa tambahkan tag.

Tag adalah beberapa kata yang diawali dengan simbol tagar ( # ), nantinya tag akan berubah menjadi warna biru pada video kita, gunakan tag yang sesuai atau tag kamu sendiri, fungsi dari tag ini adalah untuk mengelompokan video sama seperti playlist tapi hastag sifatnya global.

Langkah terakhir, yang harus kamu lakukan tambahkan tags video menggunakan 7 keyword yang sudah kamu dapatkan tadi. Pisahkan antara satu keyword dan keyword lain menggunakan simbol koma. Memang disini kebanyakan orang salah dalam memberi tags video, karena mereka biasanya menggunakan satu kata saja.
Optimasi Youtube


kemudian klik simpan video.....

Untuk mengetahui bagaimana hasil optimasi yang kita lakukan setelah beberapa jam, cobalah cari videomu dengan kata kunci yang kamu tetapkan tadi. Totalnya ada 7 ya, jadi berapa peringkat videomu di hasil pencarian? Cata hal itu, lalu cobalah dengan kata kunci lain pokonya semua kata kunci yang kamu gunakan ada videomu, kemudian catat kembali posisinya.

Hasil analistik biasanya muncul setelah beberapa minggu maka dari itu kamu bisa menunggu perkembanganya sambil minun kopi. Yah gak perlu ditungguin juga sih, setelah satu minggu kamu lihat kembali analsitik channelmu.

Optimasi terbaik akan menghasilkan lebih banyak trffik dari pencarian, bukan fitur jelajah ataupun eksternal. Kemudian buka ulang tubaddy dan lihat hasil dari tags yang kamu tambahkan disitu akan muncul angka, nah angka itu adalah posisi rata-rata video kamu dihasil pencarian.

Cobalah cari kata kunci yang muncul angka tadi, apakah videomu benar-banar diurutan itu atau tidak, catat hasilnya.

Saya sudah mengoptimasi video ini 6 bulan yang lalu, waktu itu video saya sempat direkomendasikan dan mendapatkan retensi penonton yang bagus. Beberapat tags yang saya sematkan mendapatkan rangking keyword mulai dari nomor 3,10,27,8,19,5 tapi setelah beberapa bulan rangkingnya hilang dan saya harus mengoptimasi ulang.
Hasil Optimasi


Sekarang saya hanya mendapatkan beberapa peringkat untuk keyword yang sudah saya sematkan. Dan ini artinya video saya harus di optimasi ulang agar bisa naik lagi mendapatkan viewer yang banyak dengan cara yang sama sperti diatas.
Hasil Rangking


Sampai disini apakah kalian sudah paham bagaimana caranya? Kalau sudah paham coba praktekan di akun youtube kalian masing-masing.