-->

Cara mereset template blogger, menghapus semua template bawaan blank template

Blog Kak Ryan - Hai kaka kali ini aku mau berbagi cara reset template blogger serta manfaatnya. Sebenarnya template blogger itu saat kita ingin mengganti template pengaturan yang tersimpan pada template sebelumnya masih ada. Sehingga ketika kita pasangkan template baru akan berantakan posisi witgetnya.

Banyak blogger pemula yang tidak melakukan hal ini saat hendak mengganti template blog mereka. Dampaknya mereka harus memakan lebih banyak waktu lagi untuk menyesuaikan setelan template agar kembali seperti sejak awal.

Campura antara setelan template lama dan template baru membuat tampilan blog jelek jika dilihat, apalagi jika blog kamu mempunyai banyak traffik. Terkadang ada sedikit kesalahan jika visitor mengklik witget yang belum kita setting.
Reset template blogger, kak ryan


Begitu juga dengan google, apabila banyak backlink yang mengarah ke situs kamu dan traffik sedang rame-ramenya maka gak heran semua link bakalan dicrawl dan diindex dengan cepat sebelum kamu sempat memperbaikinya. Kesalahan ini bisa membuat reputasi situs kamu berkurang dimata google, apalagi jika terdapat link error 404.

Tidak heran jika dicari di google dengan keyword site:domainkamu.com total indexnya lebih dari total artikel yang ada pada blogmu. Hal itu disebabkan karena beberapa halaman keindex, misalnya halaman arsip, profile blogger, link error dan sebagainya. Mungkin kamu akan mendapat peringatan error dari webmaster console saat kamu selesain memperbaikinya. Dan masalahnya tidak lain karena diblokir oleh robots, padahal halaman tersebut tidak seharusnya diindex.

Itulah kenapa traffik bisa turun saat ganti template blog, untuk mengatasi dan menghindari kejadian itu maka kamu harus melakukan reset template atau biasa kita sebut hapus (blank) semua template terlebih dahulu. Tujuanya untuk menghapus setelan default pada template bawaan yang lama.

Caranya cukup mudah kok, kamu tinggal salin kode reset template blogger dibawah ini. Kemudian masuk ke menu tema, plih edit HTML pastekan lalu simpan.
<?xml version="1.0" encoding="UTF-8" ?> 
<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
<title>Judul Blog Anda</title>
<b:skin><![CDATA[ ]]></b:skin>
</head>
<body>
<b:section id='contoh'/> 
</body>
</html>


Cara diatas mungkin tidak berlaku bagi pengguna smartphone, mengingat ponsel android hanya memiliki kapasitas copy paste yang terbatas. Caranya hampir sama seperti diatas tapi langkahnya saja yang berbeda, lakukan cara ini jika kamu pengguna android.
  1. Salin Kode Reset template kode diatas sudah saya kasih.
  2. Buka aplikasi teks editor kesayanganmu, buatlah file baru kasih nama reset.xml lalu pastekan kodenya tadi dan simpan.
  3. Buka Blogger, masuk ke menu tema. Plih backup & cadangkan, lalu unggah saja filenya reset.xml nya
  4. Tahapan terakhir kita lakukan secara manual, klik edit HTML lalu tandai semua kode kamudian klik paste.
  5. Saat kamu menandai semua kode mungkin ada sedikit penundaan (lag) dikarenakan kodenya masih terlalu banyak. Tap masih lebih lumayan dari sebelumya, kalau udah klik simpan.



Setelah melakukan reset template sekarang kamu bisa mengunggah template baru, tanpa harus membuat konfigurasi baru. Semua witget dan settingan template akan ikut serta bersama template yang kamu unggah tanpa ada kode tambahan lain.

Saya selalu melakukan hal ini saat memperbaruhi template EvoMagz ini, mengedit template secara offline by koding memang menghasilkan banyak error. Saya menggunakan blog laij sebagai tempat percobaan edit template, Setelah semuanya siap barulah saya pindahkan ke blog utama ini.

Mengganti template tidak menurunkan traffik secara signifikan, yang menurunkan traffik itu jika kita tidak pandai dalam mengatur setelan tema. Traffik berkurang sedikit karena visitor salah klik link, atau mungkin disebabkan oleh rank google yang hilang.

Agar traffik yang hilang tidak terjadi lebih banyak kamu bisa mengatur templatenya di blog lain terlebih dahulu, pasang semua iklan, witget yang dibutuhkan, histats atau tracker analistik. Setelah lengkap pastikan kamu memrikasa terlebijh dahulu tampilnya pastikan tampilan dekstop dan mobile terlihat rapih, penataan link navigasi harus benar. Selain itu speed page speed halaman juga harus diperhatikan, jangan sampai lebih lambat dari sebelumnya.

Cek juga data struktur template, kemungkinan ada yang berubah atau hilang, setelah memastikan semuanya benar. Maka kamu bisa membackup template yang sudah di setting tersebut, barulah kemudian kamu pasang ke template blog utama. Namun sebelumnya pastikan sudah direset terlebih dahulu.

Mereset template tidak hanya untuk keperluan mengganti tenplate saja, akan tetapi penting diterapkan saat kamu mengedit tampilan pada template secara offline melalui koding. Blogger menggunakan cache pada server mereka, jadi tak heran jika setelan template lama ikut terbawa saat pemasangan.