-->

Cara mengurangi waktu bermain sosmed yang berlebihan

Cara mengatasi kecanduan gadget

Hampir semua orang mempunyai hanphone dan internet seolah-olah sudah menjadi kebutuhan utama. Bayangkan satu hari saja tanpa internet rasanya sepi dan hama, hal tentunya terjadi karena perubahan pola hidup dijaman sekarang.

Sosial media menjadi tempat utama bagi kita untuk mendapatkan hiburan dan teman, berbeda dengan beberapa tahun yang lalu. Kalau tidak percaya coba perhatikan saja disaat kumpul bareng baik bersama keluarga atau bersama teman mereka malahan lebih fokus ke ponsel masing masing.

Kecanduan gadget bisa membuat sosialisasi menurun, jadi tak heran kalau dijaman sekarang ini banyak anak yang nolep atau dikenal kurangnya sosialisasi. Mereka jauh lebih senang rebahan dikamar sambil memandangi ponsel mereka.

Dampak dari kecanduan bermain ponsel dam membuka sosmed bisa kamu rasakan setelah kamu menginjak usia remaja. Kamu pasti bakalan kesulitan untuk berhenti karena sudah terlalu nyaman dengan sosmed, apalagi di sosmed banyak sekali konten-konten hiburan yang menarik bahkan teman dekat kita juga ada disana.

Kamu akan mulai merasakan kesulitan mencari kerja, kesulitan mencari teman karena sudah terlalu nyaman dengan sosmed. Dan melihat orang lain seakan-akan asing bagimu. Tak hanya itu kecanduan menggunakan gadget bisa membuat pekerjaanmu kacau balau.

Bukan hanya anak-anak tapi orang dewasa juga mengalami hal yang sama, ibu-ibu di jaman sekarang malah suka-an main sosmed. Nah oleh karena itulah saya membuat artikel ini agar kita semua bisa meminimalisasi dampak kecanduan gadget.


Tips berhenti dari kecanduan online main sosmed

  1. Cara yang pertama adalah dengan mengurangi konten yang ada pada sosmed kamu. Unfollow semua akun yang bisa membuatm nyaman. Jika kamu berada dalam suatu grup kamu bisa menghentikan notifikasi dari grup tersebut.

    Hal ini bertujuan untuk mengurangi konten yang bisa membuatmu nyaman selalu online. Dengan mengurangi konten yang muncul pada akun sosmed mu, maka kamu akan merasa kesepian dan mencoba mencari hiburan ditempat lain.


  2. Kalau perlu hapus semua games yang ada pada ponselmu, jangan biarkan game menjadi tempat kenyamanan kamu setelah berhenti dari main sosmed.


  3. Buatlah waktu batas penggunaan hanphone, khusus android ada aplikasi yang bisa mengingatkan kamu saat penggunaan ponsel mencapai batas waktu yang sudah kita tetapkan.


  4. Perbanyak aktifitas didunia nyata. Lupakan ponsel dan perbanyaklah aktifitas didunia nyata, jika tidak mengobrol bareng teman kamu bisa melakukan hal-hal yang bersifat produktif. Misalnya membuat kerajinan, atau mengembangkan hobbi kamu. Sekarang ini hampir semua hobbi bisa dijadikan bisnis yang menguntungkan.



Cara diatas hanyalah rekomendasi dari saya yang bisa kamu lakukan, apabila kamu merasakan kesepian saat tidak menggunakan ponsel. Cobalah mencari hiburan yang bisa membuatmu tenang, bisa dengan menonton tv, jalan-jalan, atau melakukan aktifitas lainya yang tidak menggunakan ponsel.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu bisa mengganti ponsel kamu dengan ponsel yang lebih jadul. Dengan begitu kebiasaan kamu yang biasanya buka sosmed berjam-jam hilang. Memang sih kalau sudah kecanduan sangat sulit sekali berhenti...

Walaupun begitu tidak ada salahnya mencoba sebelum kebiasaan yang kamu lakukan bisa merugikan dirimu sendiri, sosmed memang menyenangkan akan tetapi dampaknya sangat serius bila kita sudah kecanduan.

Saya termasuk salah satu orang yang kecanduan sosmed, di dumay saya jauh lebih friendly bahkan saya bisa berkomunikasi dengan semua orang yang tidak saya kenal. Tetapi di dunia nyata saya kurang sosialisasi, bila berkumpul bareng teman sulit sekali rasanya ikut kedalam obrolan mereka.

Saya juga kesulitan mendapatkan teman baru, bahkan pekerjaan. Hingga saat ini kerjaan saya nganggur, terkadang belajar reparasi elektronika tapi saya juga belajar membuat agar aktifitas bermain HP menjad lebihi produktif. Semoga teman-teman bisa berhenti juga dari kebiasaan bermain hape atau sosmed....