-->

Wahai Kaum Nolep Sadar dan bangkitlah!

Cara menghilangkan sifat Nolep

Blog Kak Ryan - Nolep merupakan sebuah istilah yang merujuk pada orang yang kurang sosialisasi, kurang pergaulan, tidak memiliki tujuan hidup. Kata nolep berasal dari plesetan kata bahasa inggris yaitu "Nolife" yang artinya tidak mempunyai kehidupan. Anak nolep biasanya tidak menyukai keramaian, jarang keluar rumah, bahkan tidak mempunyai teman sama sekali karena tidak bisa pergaulan. Hal ini bukan berarti tidak memiliki sebab, namun ada sebab lain yang membuat seseorang menjadi nolep. Nolep dikenal juga dengan introvert, introvert memiliki arti yang sama dengan nolep namun mempunyai arti yang sedikit berbeda. Dibawah ini beberapa penyebab yang menjadikan orang nolep.

  • Pola asuh yang kurang baik dari keluarga
  • Mempunyai kekurangan Fisik, misalnya jelek, mudah sakit atau gigi tidak bagus.
  • Kecanduan film dewasa dan PMO
  • Sifat Yang ada dalam diri (mudah sakit hati)
  • Kurang Bahagia atau hidup dalam tekanan

  • Terlalu sering menjadi korban kekerasan / Bulying


Sejauh ini hanya itu yang saya ketahui penyebab utama nolep, saya sendiri adalah salah satu dari mereka. Penyebab saya nolep saya merasa ragu akan keputusan, takut jika salah, dan gue memiliki fisik yang tidak menyenangkan. Saya tidak suka meminta ke orang lain, takut jika tidak diberi pastinya saya akan merasa malu dan merasa sakit hati. Tidak berani bercanda karena penampilan jelek, ya itu salah satu yang menjadi penyebab gue gak pernah pede saat ada acara apapun apalagi saat kumpul bareng teman. Waktu duduk di bangku SD, ya memang banyak cewek yang deketin. Tapi karena gue tidak percaya diri ya cuek saja sama mereka, gue seperti orang jual mahal yang susah sekali membuka hati.

Jika bertemu orang baru, gue tidak akan mengobrol jika dia tidak bertanya. Tapi jika sudah dimulai sebuah obrolan maka gue paling cerewet ngobrol gak bisa berhenti. Harusnya gue tidak lagi nolep sekarang, namun karena faktor kekurangan serta kondisi fisik yang tidak enak dipandang saya merasa minder dari orang lain. Tidak berani keluar rumah, saat SMA gue jarang dikasih uang jajan. Gue membandingkan kehidupan teman-teman lebih bahagia dibanding hidup gue, gue merasa tidak berguna. Oleh karena itulah saya menghindar dikeramaian saat ada kerjasama, makan bareng atau aktifitas lainya.

Dari cerita diatas bisa disimpulkan penyebab dari introvert salah satunya adalah kekurangan dari diri orang itu sendiri. Selain itu polah asuh yang kurang baik dari orang tua mereka juga menjadi faktor penyebab anak kurang bersemangat dalam hidupnya. Misalnya sering dimarahin orang tua, ini salah, itu salah, bahkan keinginanyapun tidak dituruti. Orang tua harusnya bertanggung jawab terhadap apa saja yang terjadi pada anaknya, pada masa anak-anak kepribadian serta pembentukan ahlak yang baik dimulai dari ajaran orang tua ke anak. Tapi jika orang tua mereka memperlakukan anaknya seperti diatas besar kemungkinan anak tersebut akan benci terhadap orang tuanya nolep bahkan tidak bisa berbuat apa-apa.


Cara terbaik menghilangkan sifat nolep

Kamu nolep / introvert? Nolep sesungguhnya merupakan kekurangan yang ada dalam diri seseorang sehingga membuatnya tidak percaya diri. Untuk menghilangkan rasa tidak percaya diri itu, setidaknya ada satu hal yang harus kamu kuasai. Yaitu ilmu / skill. Ilmu pengetahuan sangat berguna dimasa sekarang ini, seperti saya contohnya. Saya lebih banyak mendapatkan teman lewat ilmu pengetahuan. Disaat sata punya skill benerin HP rame banget orang yang datang nyanperin saya, bahkan ketika saya bisa mengenal web programing. Bukan hanya cowok yang mendekat cewek juga ada, tapi karena saya tidka pandai dalam bergaul ya begitulah mereka tampak asing meskipun sering ngobrol sering lihat.

Untuk memulai sosialisasi ke orang lain tidak bisa dipaksakan seperti kebanyakan tips. Harus ada sesuatu yang bisa membuat dirimu senang, ini adalah satu-satunya cara untuk merangsang pola fikir kritis (IQ) dalam otak. Saya ketika sedang marah tiba-tiba rasa nolep saya hilang, saya menjadi sedikit berani memulai obrolan dengan orang lain. Kamu juga bisa melakukan sesuatu yang membuat dirimu senang, misalkan seperti yang saya sebutkan diatas. Mengembangkan hobi dan skill, kebanyakan teman yang datang bukanya mau menemani tapi saat mereka ada maunya saja. Untuk membuat hubungan yang timbal balik kamu harus memberi sesuatu pada orang, tidak perlu ragu. Satu kali kamu memberi orang tersebut akan ingat denganmu.

Saya saat mencari pergaulan dulu saya suka servis ponsel, satu orang saya ladenin saya berikan gratis. Berkat itu berita ini menyebar luas dari mulut kemulut sehingga banyak orang yang berdatangan, inilah salah satu cara saya untuk mencari pergaulan. Bagaimana denganmu? Semua orang pasti mempunyai hobbi dan memalui hobi itulah sifat nolep bis dihilangkan. Tidak selamanya sifat nolep itu hilang, terkadang bisa muncul kembali. Oleh karena itu biasakanlah dirimu dengan pergaulan, agar dalam otakmu tersimpan sebuah memori bagaimana respon terhadap orang lain.

Wibu bertemu wibu apakah akan masih tetap nolep? Jawabanya ada dua tergantung dari diri mereka sendiri, meskipun satu hobi namun tidak ada kegiatan yang membut mereka senang tidak akan terjadi sosialisasi. Manusia adalah makhluk sosial, tidak bisa hidup sendiri pasti akan membutuhkan bantuan orang lain dalam hidupnya. Rajinlah membantu orang, sekali kamu membantu maka itu bisa menjadi ingatan orang terhadapmu. Sampai disini bagaimana? Apakah kamu paham dengan ungkapan saya?


Paksa Diri agar lebih mandiri!

Cara mandiri yang terbaik adalah pergi jauh dari keluarga, persiapkan dengan matang. Semua kebutuhan yang akan kamu butuhkan, uang secukupnya, hp dan pakaian. Sekarang cobalah merantau ke negeri orang lain, gunakan sisa uang mu untuk sewa kamar murah. Pastikan juga uang kamu mencukupi untuk biaya hudup ke depanya selama beberapa bulan selagi kamu mencari kerja.

Selagi sendirian pasti diri kita akan dipaksa oleh kebutuhan, kamu akan dipaksa bekerja. Kebiasaan ini lama-kelamaan akan menjadi sebuah kemandirian, kamu akan terbiasa hidup. Bekerja dan cari uang, di kost kamu juga akan mendapatkan teman baru. Semua orang pasti akan bosan sendirian tanpa teman, kalau di rumah ada adik-adik dan keluarga yang bisa jadi teman sehingga kamu betah menjadi nolep. Tapi tidak di perantauan, kamu pasti akan dipaksa oleh kebutuhan.


Nolife tercipta ketika kamu sedang berada di singgasana raja, dimana orang tua mu yang selalu menyongkong biaya makan, paket data, dan juga uang jajan. Semua orang jika diperlakukan seperti itu pasti bakalan betah jadi nolep, segeralah keluar dari lingkaran tersebut. Terlalu menunggu waktu bisa membuat dirimu ketinggalan, jaman sekarang sudah banyak anak-anak nikah muda. Kamu mau kapan, persiapkan diri dari sekarang untuk membangun keluargamu sendiri.

Bonus Podcast:

Post a Comment for "Wahai Kaum Nolep Sadar dan bangkitlah!"