-->

Apa yang akan terjadi pada blog yang terkana Jinggling

Bagaimana cara mengatasi blog terkena auto jinggling

Ryan jauhari - Jinggling merupakan kegiatan curang yati mengirim traffik spam secara berulang untuk menjatuhkan lawan. Adanya persaingan yang tidak sehat antar blogger membuat mereka saling menjatuhkan, bukanya saling mendukung tapi malah jafi saling menjatuhkan. Salah satunya menggunakam teknik jinggling, apa itu jinggling? Entahlah saya juga belum begitu memahami pengertianya. Yang jelas jinggling adalah mengakses situs mereka berkali-kali sama seperti DDOS.

Kebanyakan orang melakukan jinggling di blogger, lihat betapa bodohnya mereka. Jinggling blogger dengan menggunakan javadcript tidak menghasilkan apa-apa, cuma dapet capeknya doang. Lalu apa dampak yang disebabkan oleh jinggling?

Sebelum mengetahui dampaknya sebaiknya kamu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara kerja jinggling. Sebenarnya situs auto jinggling yang dibuat pada blogger itu hanya menggunakan javascript dengan teknik httpRequest, httpRequest bisa kita gunakan untuk memanggil halaman lain tanpa harus memuat halaman.

Tapi perlu diketahui, fungsi httpRequest tidak akan bisa menjalankan javascript. Yang diambilnya hanya halaman mentah (Kode sumber HTML), jadi karena HTML situs web yang dijinggling tidak dirender oleh browser maka tidak akan menimbulkan dampak apapun. Apalagi kalau blogger itu hosting besar milik Google, punya daya tampung akses yang lebih banyak (unlimited).

Hanya saja jinggling menimbulkan sebuah catatan log pada statistik blogger, tenik ini biasa digunakan oleh web bulek (web lendir orang luar negeri) untuk mendapatkan target visitor. Biasanya mereka akan mengirim traffik spam dengan teknik jinggling ke banyak website blogger, sehingga URL mereka tercatat pada analistik blogger. Kemungkinan sang pemilik bakalan memberikan umpan balik dengan mengikuti jejak URL sumber traffiknya.

Ada yang menyebut jinggling bisa merusak blog, bisa menbuat blog di cap spam oleh google. No!, itu semua hanyalah pendapat blogger pemula yang belum memahami sama sekali. Jinggling tidak mempunyai dampak apapun, kecuali hanya mengotori catatan statistik blogger.

Bagi pengguna blog dengan selfhost atau WP yang masih menggunakan hosting biasa hati-hati, auto jinggling bisa membuat server kehabisan bandwidth. Sebaiknya gunakan layanan cloudflare untuk mencegah serangan DDOS. Sistem kerja auto jinggling sama seperti DDOS mereka akan mengakses URL situs web target dan menghabiskan bandwidth. Bedanya kalau di auto jinggling sifatnya kecil karena hanya satu orang, berbeda dengan DDOS yang menggunakan banyak komputer.


Kenapa Blog saya terkena auto jinggling

Biasanya kamu sering membagikan artikel tidak pada tempatnya, kegiatan yang berlebih-lebihan bisa membuat orang tidak suka dengan anda. Misalnya anda membagikan link artikel di grup Blogger indonesia, dan membuat artikel seputar blogging. Padahal anda sendiri baru terjun ke dunia blog, seolah-olah sudah paham semuanya.

Kemungkinan dari mereka ada yang tidak suka, beruntung buat mereka yang hanya memberi emot ketawa pada artikelmu. Tapi bagaimana kalau di jinghling?

Dampak lainya ketika kalian berbagi link unduhan yang dipasangi banyak iklan sehingga menyulitkan orang mengunduh filenya. Misalkan kamu membuat sebuah artikel aplikasi di video Youtube, dan memberikan link unduhan dari blog. Tapi kenyataanya orang tersebut malah diarahkan ke playstore, padahal sudah melewati banyak iklan dari situsmu.

Besar kemungkinan blog kamu akan dijahilin


Tips Agar Blog tidak dijahilin orang

Agar blog kamu tidak menjadi korban jahil orang, sebaiknya buat halaman sendiri di facebook khusus membagikan artikel yang telah kamu publikasikan. Dengan begitu akan aman, orang yang menyukai kontenmu akan hadir, begitupun yang tidak menyukai tidak akan melihatnya.

Jangan memposting apa yang dibenci orang. Misalnya memberikan link unduhan palsu, atau memasang lebih banyak iklan. Semua yang membuat visitor kesal bisa jadi penyebab blogmu terkena jinggling. Sebagai contoh kamu mematikan tombol back atau meredirectnya ke homepage sehingga pengunjung kesulitan keluar dari situs kamu. Atau kamu menyediakan link download tapi malah diarahkan ke PlayStore. Cara ilegal untuk mencari view seperti itu wajib dihindari.

Jangan menyalin artikel orang lain, biasanya kalau mereka kesal bakalan gunain teknik menjatuhkan daripada menggunakan DMCA.

Mungkin hanya itu yang bisa saya sampaikan, kalau ada yang menceritakan gunakan robots.txt mereka pengetahuanya kecil. XhttpRequest gak bakalan mempan hanya dikasi teks robots, fungsi itu bukan bot crawling tapi javascript. Silakan pelajari di Wc3scholl seputar Ajax XhttpRequest!