-->

Cara aman bermain facebook di hp, hati-hati jaga privasi anda

Tips aman bermain facebook

Facebook merupakan platform sosial media terbesar yang paling banyak digunakan. Seiring mudahnya mengakses internet dan perkembangan teknologi smartphone hampir semua orang didunia menggunakan facebook. Bahkan ada yang menghabiskan waktunya berjam-jam hanya untuk bermain facebook.

Facebook bukan sekedar platform jejaring sosial saja tetapi juga merupakan media bisnis dimana orang bisa menjual produk mereka lewat promosi di facebook baik gratis maupun berbayar. Di fb juga ada konten kreator seperti layaknya youtube dan kamu juga bisa menghasilkan uang dari facebook.

Baru-baru ini fb mengumumkan kalau platform mereka akan mengeluarkan fitur uang digital. Namun belum pasti kapan fitur tersebut bisa diluncurkan secara resmi.

Apakah facebook aman? Ya facebook sangat aman, akan tetapi konten yang ada di fb lah yang sangat berbahaya bagi kita. Sekarang ini mungkin sudah ada jutaan konten yang di unggah ke facebook, konten yang berbahaya itu seperti konten penipuan, hoax, phising dan sejenisnya.

Di facebook juga terjadi sistem jual beli, jika kamu masuk forum (grup) jual beli maka kamu bisa menemukan berbagai macam produk dan jasa yang ditawarkan oleh pengguna facebook. Nah dari situlah awal mula kejahatan terjadi, maraknya penipuan yang ada di facebook membuat kita menjadi tidak aman.

Pengalaman saya pernah kena tipu atau biasa kita menyebutnya Ripper. Dulu ingin membeli produk digital yaitu doge coin eceran dengan metode pembayaran menggunakan pulsa. Akan tetapi setelah saya bayar, akun saya langsung di blokir dan produknya tak kunjung dikirim.

Selain itu konten hiburan seperti tiktok, shitposting, meme yang bisa mempengaruhi daya fikir kamu banyak sekali di fb. Kamu mungkin akan menghabiskan lebih banyak waktu bermain facebook dibanding bersosialisasi di dunia nyata, jadi gak heran kalau anak generasi jaman now itu ada yang Nolife (suka menyendiri) dibandingkan bergaul dengan banyak orang.

Fb juga menjadi tempat beredarnya berita hoax dan penipuan berjenis phising. Banyak orang menyebarkan berita hoax hanya karena uang semata, berbeda dengan facebok 3 tahun yang lalu. Sekarang ini banyak sekali link-link yang doposting di facebook dengan tujuan mendapatkan traffik. Konten hoax biasanya dibalut dengan judul click bait dan terlalu mencolok demi menarik banyak perhatian orang.

Dalam artikel kali ini saya akan berbagi bagaimana cara aman dalam bermain facebook serta menghindari dampak negatif yang ditimbulkan.


1. Batasi jumlah teman jumlah akun yang anda ikuti

Anda harus membatasi interaksi, banyak orang berlomba-lomba memperbanyak jumlah teman mereka di fb hanya demi mendapatkan like dan komen. Percayalah dibalik banyak orang yang menanggapi postingan anda tidak ada yang peduli, bahkan bisa memicuh efek negatif. Karena ada-ada saja orang yang tidak suka dengan anda, kepo lah, marah dll. Tapi mereka bukanya menggunakan fitur blokir, akan tetapi menggunakan fitur report sehingga terkadang akun anda tidak aman.

Saya seorang blogger terkadang suka membagikan link blog ke facebook, dan waktu itu saya berteman dengan banyak orang. Ada-ada saja yang iri postingaan saya dilaporkan sebagai spam oleh orang lain dan domain blog saya blacklist oleh facebook.

Membatasi jumlah teman juga biasa meningkatkan keamanan privasi kamu. Tahuka kamu bahawa data di facebook bisa digunakan untuk kepentingan orang lain seperti penyamaran akun, bahkan ada yang menjual identitas orang. Hanya dengan berbekal foto selfi saja dengan teknologi pengenal wajah maka orang bisa menemukan keberadaanmu, mengetahui apa saja kebiasaan kamu, siapa saja temanmu.

Itulah kenapa kamu harus benar-benar menjaga prvasi kamu. Tahukah kamu channel hacke bae bisa diketahui pemiliknya oleh Face komputer berkat data dari sosial media.

Batasi jumlah akun yang diikuti
Sebenarnya mengikuti banyak akun tidak masalah sih, tapi jika kamu sudah terlalu banyak mengikuti akun lain bisa saja membuat kamu kecanduan facebook. Contohnya grup meme, fanspage shitpost, artist dan sebagainya sehingga kamu melupakan sosialisasi dunia nyata.

Banyak mengikuti akun dan join grup bisa membuat kamu mudah terkena tipu oleh kejaharan cyber. Bisa saja kamu tidak menyadari kalau link yang kamu klik adalah link phising, atau mungkin kami berbelanja di fb dengan orang yang tidak terpercaya hingga akhirnya uangmu dibawa kabur.


2. Jaga prvasi kamu tetap aman

Tanggal lahir, timeline, dan siapa saja keluargamu memang merupakan hal yang biasa-biasa saja. Akan tetapi hal tersebut bisa saja disalahgunakan oleh orang lain, tanggal lahir adalah privasi yang harus kamu jaga.

Banyak orang berpendapat kalau semuanya di publikan akan lebih banyak orang yang melihatnya. Tapi sadarlah pada saat itu juga kamu sudah menyebarkan identitas kamu ke orang lain.

Jangankan orang lain facebook saja sudah menggunakan data kamu untuk mempersonalisasi iklan berdasarkan minat dan hobbi kamu. Facebook juga menyimpan kontak kamu untuk menentukan rekomendasi teman yang cocok untukmu.

Sebaiknya kamu mengatur semua privasi ke hanya teman atau dari teman ke teman. Ini Sangat bagus untuk mencegah orang lain yang tidak berteman bisa melihat data kamu, bahkan facebook pun tidak akan merekomendasikan teman yang sama denganmu. Karena orang lain tidak bisa melihat berapa banyak temanmu dan siapa saja yang menjadi temanmu.


3. Jangan mudah percaya

Terkadang kamu melihat berita yang diposting oleh orang atau sebuah halaman dengan domain blogspot, terkadang menggunakan TLD seperti my.id, .xyz, me dst. Dan isi dari artikel tersebut adalah click bait, berita viral dan sebagainya. Jika kamu mengklik link tersebut maka kamu sudah tertipu dengan berita hoax yang dirancang hanya untuk mencari kunjungan (traffik).

Jangan mudah percaya terhadap orang yang berjualan di facebook, karena orang yang berjualan di fb banyak sekali ripper / penipuan. Jika kamu berniat ingin membeli barang atau jasa di facebook sebaiknya kamu melihat akun yang digunakan oleh orang tersebut.

Akun asli bisanya dibuat beberapa tahun lalu, dan isi album foto mereka sudah banyak kenangan bahkan testimoni. Lihat juga postingan timelinenya, penjual yang asli timelinenya rame seperti owner kedas beauty rame banget cuy.


4. Jangan Login di tempat lain

Pastikan kamu login hanya di aplikasi facebook resmi atau pada perangkat kamu sendiri. Jika login via web pastikan alamat yang tertera pada addressbar merupakan facebook.com, selain dari itu situs tersebut tidak terpercaya atau phising.


Apabila kamu login di perangkat lain, bersihkan cache & cookie serta history jelajah pada perangkat tersebut setelah kamu menggunakan facebook. Satu lagi jangan lupa untuk menghapus daftar perangkat login di akun facebook mu, tujuanya agar orang lain tidak memanfaatkan device tersebut untuk mengabil ahli akunmu.


5. Tambahkan kontak Terpercaya

Kontak terpercaya sangat membantu bila akun kamu dalam bahaya, atau terkena verifikasi data yang meminta kamu mengenali satu perstu foto teman dan menebak namanya. Kontak terpercaya juga bisa memulihkan akunmu jika suatu saat akunmu terkunci.

Agar bisa memperoleh bantuan di kontak terpercaya tambahkan maksimal 5 temanmu yang akan dimintai keterangan saat kamu butuh bantuan. Dan pastikan penambahan kamu disetujui olehnya, suatu saat apabila akun kamu terkunci atau dicuri orang kamu bisa meminta bantuan ke kontak terpercaya dengan menggunakan halaman login darurat.

Facebook akan mengirimkan URL khusus yang harus dibuka oleh kontak terpercaya, dan kemudian masing-masing teman kamu akan diminta menyerahkan 6 digit kode verifikasi yang harus kamu masukan pada kolom yang tersedia.


6. Jangan mengunggah video panas atau hal buruk lainya.

Fb sangat melarang orang mengunggah konten dewasa yang bisa membahayakan penggunanya. Jika tetap kamu lakukan maka bersiap-siaplah menerima peringatan dari fb, terkadang bukan hanya peringatan akan tetapi akun bisa saja dinonaktifkan.

Saya punya pengalaman tidak menyenangkan pada tahun 2018 lalu, pertama akun saya pernah dinonaktifkan untuk pertamakalinya. Penyebab akun saya dinonaktifkan karena saya nekat menggunakan auto like facebook yang sangat dilarang itu, selain menggunakan auto like saya juga mengirim link aktif ke facebook. Sehingga akun saya dinonaktifkan tetapi saya ajukan banding dan dalam waktu 4 hari banding saya diterima.

Kemudian saya nekat lagi menunggah video hot panas yang diperankan anak-anak, videonya hanya sebatas goyang / joget saja akan tetapi hanya menggunakan bikini dan dibalut dengan music nissa sabyan. Usai mengunggah akun saya langsung tidak bisa diakses, sepert internet yang tak ada jaringan. Tetapi setelah beberapa menit saya login kembali dan munculan notif peringatan akun anda sudah dinonaktifkan karena melanggar pedoman komunitas!.
Sayang sekali akun yang saya buat pada tahun 2015 itu hilang sia-sia bahkan sudah banyak kenangan di dalamnya. Foto saya hilang semua, sedih rasanya kehilangan. Untuk yang keduakalinya banding saya ditolak. Maka dari itu kamu harus berhati hati dalam membuat timeline di facebook.


Kesimpulan
Bijak dan berhati-hati dalam menggunakan sosmed biaa membuat kamu terhindar dari kejahatan cyber dan bahaya lainya yang sedang mengintai.