-->

Belajar Seo Tips Mengoptimasi Sebuah blog agar berkualitas baik

Belajar Seo


Hai artikel ini bukan sekedar menulis dan ini juga hasil ambil materi sana-sini, saya juga belum menerapkan cara ini. Tetapi saya yakin dengan tips ini karena kebanyakan sudah pernah dibahas oleh banyak blog. Dan pada artikel kali ini saya coba menggabungkanya menjadi sebuah artikel yang kompleks sehingga bisa dipahami dalam waktu yang cepat. Namun saya tidak bisa menjamin hasil yang anda dapatkan, bisa berhasil atau tidaknya itu semua tergantung cara kita bekerja dan waktu yang dihabiskan.

Seo adalah kata singkatan dari Search Engine Optimization, yang dalam bahasa indonesianya Optimasi mesin pencari. Setelah medengar kata itu anda pasti berfikir kita bekerja untuk mesin? Ya memang benar, kita bekerja untuk mesin dan memberikan data yang akurat sesuai dengan apa yang paling sering dicari orang dengan mesin pencari tersebut.

Diinternet terdapat ribuan website yang ada, dan untuk menentukan agar hasil pencarian relevan mesin pencari biasanya menggunakan patokan ratting dan umur sebuah wesite. Namun sekarang cara itu bergeser sedikit karena google mulai menggunakan teknologi pemahaman aktifitas manusia. Berikut ini adalah tahapan memulai seo blogging dari awal agar kamu tidak blak-blakan dengan kesalahan.


Optimalkan Tata letak dan Performa Blog

Banyak orang mengabaikan tips ini, padahal kualitas halaman web yang bagus bukan ditentukan oleh tampilan yang bagus ataupun banyak nya witget yang ada. Justru halaman web yang bagus adalah halaman yang dibuat sesederhana mungkin. Ada banyak alasan yang membuat orang enggan melakukan cara seperti ini, salah satunya karena ingin menggunakan thema favorite.

Tahukah kamu orang yang browsing diinternet mencari suatu informasi yang mereka butuhkan. Tidak begitu peduli dengan tampilan halaman yang kamu buat, akan tetapi bila halaman webmu lambat diakses maka bisa menyebabkan kesalahan yang fatal. Web kamu akan jarang direkomendasikan oleh google dan beberapa mesin pencari lainya, serta orang yang tadinya datang ke situs kamu akan menghindar (tidak kembali) saat mereka menemukan URL website kamu.

Seperti apakah halaman web yang bagus, sederhana dan teruji secara seo itu? Berikut ini daftar ulasanya:
  • VALID HTML
  • Valid schema data struktur
  • Halaman Responsive dan mobile friendly
  • Tidak mengandung witget yang tidak penting
  • Mempunyai Meta tag yang lengkap
  • Tampilan layout yang cukup sederhana



Apakah kamu pernah membaca artikel wikipedia? Dan wikihow? Ya mereka adalah salah satu blog dengan tampilan sederhana serta tidak banyak tampilan. Iklan saja hanya sedikit. Blog baru juga tidak mau kalah contohnya dewaweb.com, klikmania.net.

Yang terpenting adalah performa blog yang kita buat pastikan sesuai dengan daftar apa yang saya berikan diatas. Halaman web yang bagus mempunyai skor page insight berwarna hijau, dengan begitu bisa menjadi patokan pengukuran kalau halamam web mu mempunyai kecepatan load yang tinggi.

Bandingkan facebook original dengan facebook lite. Mana yang lebih cepat? Dan mana yang paling banyak digunakan, hampir tata-rata orang menggunalan facebook lite dibandingkan facebook aslinya. Ini disebabkan karena facebook lite lebih cepat dalam memuat halman dibandingkan dengan facebook versi aslinya. Oleh karena itu kamu harus mengoptimalkan kecepatan loading halaman sebelum menerapkan tips seo tingkat lanjut.

Jika kamu menerapkan hal ini pada blog mu maka kemungkinan besar pengunjung yang tadinya datang akan kembali berkunjung ke situs kamu karena halaman web kamu lebih cepat diakses.


Tingkatkan Seo On page dan Off page

Seo on page yang bisa kamu terapkan adalah dengan menggunakan keyword yang tepat didalam judul dan artikel yang kamu buat. Selain itu penambahan internal link juga dibutuhkan. Tahukah kamu google lebih cepat merayapi satu halaman web dan akan merayapi URL lainya yang terdapat padah halaman tersebut, sehingga kemungkinan besar halaman web kamu bisa diindex dalam waktu yang cepat.

Penambahan internal link juga mempermudah pengunjung bernavigasi dari satu halaman ke halaman lainya di web kamu. Mau tahu seperti apa contohnya? Coba lihat salah satu artikel di wikipedia, pasti pada satu artikelnya terdapat sebuah kalimat yang diberi tautan ke halaman lainnya. Link yang menempel itu kita sebut dengan backlink sedangkan anchor tesk yang menempel pada URL tersebut adalah keyword yang sesuai dengalaman yang dituju.

Banyak orang yang memasang internal link dengan menempatkan witget baca juga, cara tersebut sangat bagus sebagai penunjang seo. Artikel jadi lebih cepat ter-index google karena google setiap harinya mencrawl website dan akan terus mengikuti semua URL yang ada pada website tersebut (berantai) kecuali terdapat name tag rel= nofollow yang menandakan pengecualian crawler terhadap situs tersebut.

Hindari penggunaan URL yang ditambahkan secara otomatis, cara seperti itu sangat tidak bagus untuk seo. Jika kamu membaca artikel panduanim, sudah pasti paham kenapa alasanya, salah satu alasan terbesar adalah link yang ditambahkan tidak relevan dengan konten yang sedang dibaca sehingga kamu bisa gagal mendapatkan ranking keyword untuk halaman tersebut.

Oleh karena itulah witget artikel terkait bukan merupakan backlink yang bagus untuk menunjang seo tetapi manfaatnya bisa membuat pengunjung lebih mudah bernavigasi dari satu artikel ke artikel lainya sehingga menurunkan bounce rate, walapun terkadang rekomendasi link yang terpasang tidak relevan dengan topik yang dibahas.

Penggunaan backlink juga mempengaruhi kualitas halaman (DA) dan Kualitas Domain berdasarkan pengukuran moz. Semakin banyak dan bagus kualitas backlink yang menuju ke halaman tersebut akan semkin bagus page authority Nya (PA). Walaupun tidak menentukan hasil ranking peringkat google tetapi DA dan PA sering dilirik sebagai penentu kualitas website.
Seo Off page
Kita ambil yang sederhana nya saja, pada umumnya seo off page dimulai dengan meletakan backlink pada situs lain (Membanun Backlink). Dimana kita menempatkan URL blog kita dengan achort teks keyword di situs yang sesuai dan pastinya di website yang sudah berumur dan memiliki Domain autorithy yang tinggi. Cara seperti ini terbukti bisa menaikan DA maupun PA pada website kamu, namun penggunaam backlink dalam jumlah banyak pada waktu yang singkat justru akan merusak kualitas seo yang kamu bangun. Alasanya hal ini bisa menurunkan angka domain autority dan memperbesar spam score.

Pastinya kamu tidak mau website kamu dianggap spam oleh google, sehingga sulit untuk naik kehalaman utama google. Seperti yang saya sebutkan diatas domain autorithy salah satu faktor utama agar bisa mendominasi halaman utama google.

Jika kamu menanam backlink dari situs orang kamu juga bisa mendapatkan traffik dari situs tersebut. Contohnya pada website viva.co.id, walaupun traffiknya bersifat sementara tetapi backlink yang kamu tanam akan bertahan lama sampai website tersebut mati.

Ketika membahas hal ini pasti akan mengarah ke PBN mengingat mudahnya membuat blog di Blogger.com, backlink PBN tidak disukai oleh google. Jika ketahuan sangat berakibat fatal dimana website kamu akan diangap spam dan sulit muncul di hasil pencarian walaupun halaman tersebut sudah ter-index.

Seo Off page tidak hanya sebatas itu tetapi bagaimana cara kita meningkatkan branding sebuah situs dengan membangun audien. Misalkan menbuat akun fanspage untuk blog, membuat grup dan lain-lainya dengan tujuan untuk meningkatkan interaksi antara orang dengan branding blog yang dimiliki. Membagikan artikel ke fabeook juga tidak masalah selama kamu melakukanya dengan tepat.

Tidak mudah dalam membuat branding akan tetapi jika kamu mempunyai artikel yang bermanfaat kenapa tidak. Coba ketikan saja kata "Klik Mania" pada search engine google, atau "Mastimon" sudah pasti banyak blog yang membahasanya bahkan ada yang memberikan backlink ke situs asalnya itu artinya branding sebuah halaman situs tersebut sudah dikenal banyak orang. Itu berkat artikel mereka yang bermanfaat.

Membangun Audien
Tahu apa itu subcriber? Follower? Ya itulah audien audien adalah pengunjung tetap yang sudah berlangganan ke situs kamu. Cara membangun audien adalah dengan menyediakan artikel tertarget, seperti mastimon.com dimana dia membuat sebuah kategori artikel yang membahas blogging dan mengajak banyak orang untuk ikut les private bersamanya. Secara tidak langsung orang tersebut pasti bakalan menonton video mastimon, mengunjungi blog mastimon. Dan seperti itulah audien. Lanjut ke Next Page biar gak berat loading halamanya hehehe... Next!

Buat artikel yang bermanfaat dan Relevan

Relevansi akan memudahkan website kamu mendapatkan ranking dari keywordnya secara sendiri. Tahukah kamu bagaimana cara youtube bekerja? Youtube mencatan semua informasi penting terkait tindakan pengguna pada suatu video dan kemudian merekomenfasikan video yang sesuai dan yang paling banyak ditonton ke pengguna lainya. (ingat Rekomendasi)

Dengan membuat artikel yang relevan satu sama lainya maka akan lebih mudah dalam menempatkan backlink seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, dalam satu artikel kamu bisa merekomendasikan artikel lainya karena bahasanya sama. Tetapi jika kamu mempunyai blog yang beragam topiknya maka akan sangat sulit sekali mendapatkan ranking keyword, maka solusinya adalah membuat label. Pisahkan setiap topik dengan label yang sejenis agar lebih mudah dalam seleksinya.

Penataan yang tepat bisa membuat website kamu mensapatkan ranking tinggi di google.
Ranking keyword sendiri adalah hasil yang bisa membuat website kamu tampil di page halaman atas google saat suatu kata kunci diketikan. Bahkan dengan kata kunci yang tidak sesuai sekalipun web kamu masih mampu berdiri kokoh di atas halaman google.Tapi kenyataanya inspect element!.

Blog ini saat pertamakali saya buat membahas seputar aplikasi receh. Pada awalnya saya buat blog untuk mencari referal, dan pada saat itu saya juga melengkapi blog ini dengan tutorial android. Salah satu dari artikel saya berhasil masuk page one, sehingga saya mendapatkan rata-rata 200 traffik per harinya, Hal ini juga berefek ke artikel saya yang lainya, khususnya artikel seputar netzme total ada 20 artikel saling relevan satu sama lain. Artikel tersebut sangat sering muncul di halaman beranda google, artinya sudah mendapatkan ranking untuk keyword tertentu.

Tapi akhirnya semua yang saya dapatkan tenggelam setelah diserang oleh blog agc tutorialinaja.blogspot.com, saya terheran-heran bagaimana dia bisa mendapatkan semua artikel saya itu. Karena sebelumnya feed blog ini saya set ke singkat. Karena blog ini tidak kuat bersaing secara seo yaitu Page Authority saat itu haya stock di angka dua saja. jadi mau tidak mau harus menerima kenyataan dimana blog telnggelam dari search engine.

Halaman Selanjutnya: