-->

Tips Mengatasi Trafik tidak valid Iklan Adsense

Iklan dibatssi

Tahukah kamu apa itu traffik tidak valid dan bagaimana cara mengatasinya?. Dampak dari traffik yang tidak valid bisa menyebabkan penayangan iklan pada akun google kita dibatasi selama satu bulan, dampaknya kita nggak bakalan dapat penghasilan selama sebulan walaupun traffik sedang rame.

Pada artikel kali ini saya akan menceritakan darimana asalnya trafik tidak valid serta bagaimana cara mengatasi trafik tidak valid, agar kita semua terhindari dari pelanggaran kebijakan google. Mengingat google sekarang ini sudah banyak menggunakan sistem algorimta robot otomatis untuk mendeteksi kecurangan.

Oke baiklah mari kita bahas, traffik tidak valid biasanya adalah traffik yang berasal dari sumber tertentu, bukan marupakan trafik atas minat orang yang berasal dari mesin pencari seperti bing, yahoo, dan google.

Trafik ini kita sebut sebagai trafik non organik, tapi tidak semuanya invalid kok. Trafik tidak valid jika pengunjungnya mencurigakan dan lebih banyak pengunjung yang datang dari sumber tertentu dibandingkan traffik organik sehingga blog kita kemungkinan besar akan masuk dalam filter traffik tidak valid google.

 

Beberapa Trafik yang digolongkan ke Dalam Trafik tidak Valid

Sekumpulan trafik dalaf list dibawah sebenarnya tidak ada masalah sama sekali, tapi apabila terjadi klik iklan beberapa kali dari trafik ini. Maka Adsense bisa menyebutnya sebagai trafik tidak valid, oleh karena itu agar tidak terjadi kesalahan klik sebaiknya jangan memasang lebih banyak iklan pada halaman.

  1. Trafik yang berasal dari salah satu sumber tertentu.
  2. Trafik Pengalihan otomatis yang tidak diketahui asal pengalihanya.
  3. Pengunjung yang datang secara langsung dan langsung mengklik iklan.
  4. Trafik dari sosial media yang berasal dari iklan berbayar.
  5. Pengguna akun Adsense melihat iklan nereka sendiri.

Saya pernah terkena pembatasan iklan karena dengan alasan trafik tidak valid, penyebabnya yakni saya terlalu sering melihat iklan sendiri.

Ceritanya begini, sejak awal blog ini diterima Adsense saya sedang melakukan desain tampilan. Pada saat di desain, saya selalu melihat preview halaman home dan artikel berkali-kali. Kalau dihitung mungkin ada 69x lebih, iklan juga tayang pada saat saya melakukan preview.

Keesokan harinya, tepat jam 7 pagi saya mendapatkan pesan peringatan dari Google Adsense Policy yang menyatakan Iklan Pada Situs anda sedang dibatasi, faktor alasan trafik tidak valid. Dari sini sudah diketahui penyebabnya, karena saya melihat iklan sendiri secara berlebihan.

 

Penyebab Trafik Tidak Valid

Algoritma Adsense menghitung batas konversi antara klik dan tayang iklan, juga mencatat seorang pengunjung. Kalau pengunjung datang ke situs web kamu terus langsung mengklik iklan, kejadian ini bisa dianggap tidak valid oleh Adsense.

Kemudian Klik iklan secara berulang dari pengunjung yang sama juga dianggap sebagai trafik tidak valid,

Contoh kasus, apabila kamu terkena bom klik iklan adsense. Maka secara cepat algoritma Adsense bekerja, dampaknya penayangan iklan bakalan dibatasi selama satu bulan.

Contoh kedua, iklan yang dilihat oleh pengguna yang sama secara terus menerus juga dianggap tidak valid. Algoritma google pastinya bakalan mengurangi jumlah iklan ketika pengunjung sudah lebih banyak melihat tayangan iklan pada situs web kamu, dampaknya? Slot iklan jadi blank / kosong.

Kenapa Trafik dari Sosial media bisa dianggap tidak valid? Karena pengunjung dari sumber tertentu tidak dikenali minat dan keinginan mereka, iklan Adsense yang tayang jadi tidak pada targetnya. Hal ini tentunya bisa merugikan pengiklan, apalagi bila terjadi klik pada iklan Adsense pada website sobat pastinya sangat beresiko.

 

Cara mengatasi penayangan iklan dibatasi

Sampai disini belum ada cara apapun yang bisa kita lakukan untuk mengatasi pembatasan iklan, hanya ada satu cara agar pembatasan iklan bisa lebih cepat selesai. Tipsnya gampang, sobat hanya perlu menambah jumlah trafik organik dari mesin pencari dengan meningkatkan kualitas artikel.

Hidari melepas kode js adsense karena itu bisa menyebabkan Google Adsense tidak bisa melakukan analisa terhadap trafik kita, dan pembatasan jadi lebih lama.

Meskipun tidak ada cara buat mengatasi pembatasan iklan, tapi sobat bisa mencegah terjadinya trafik tidak valid pada masa mendatang. Daftar berikut, tentang tips mencegah penayangan iklan dibatasi yang bisa kamu terapkan pada blog.

  1. Jangan terlalu sering melihat blog sendiri yang sudah dipasangi iklan.
  2. Pasang LazyLoad untuk menunda pemuatan Script Adsense guna menghindari render dari robot crawler.
  3. Jangan membeli trafik berbayar untuk halaman yang dipasangi iklan.
  4. Jangan menggunakan floating dalam bentuk apapun untuk mendapatkan klik iklan.
  5. Jangan terlalu banyak memasang iklan, satu halaman sebaiknya dipasang 3 atau 4 iklan.
  6. Jaga agar konversi trafik organik jauh lebih besar dibanding trafik sosial media.
  7. Perlindung tambahan pasang script anti bom klik adsense, sudah banyak yang posting.
  8. Pantau trafik yang mencurigakan, sobat bisa menolak trafik spam yang berasal dari sumber tertentu. Gunakan file .htacces atau JavaScript Redirect Referer.
  9. Jangan sembarang membagikan URL Blog, karena trafik dari sumber tertentu bisa di anggap tidak valid.
  10. Sebaiknya lakukan Optimasi yang mendalam guna mendapatkan trafik yang berkualitas dari Search Engine.

Untuk Mencegah trafik tidak valid akibat kesalahan pribadi, saat menjelajah blog sendiri saya mematikan tayangan iklan. Iklan Adsense tidak akan tayang, sehingga saya bisa dengan bebas membaca ulang maupun membalas komentar tanpa harus takut terjadi klik tidak sengaja.

Lihat pada halaman Privasi Blog ini, saya menyertakan tombol khusus untuk mengatur personalisasi data dengan cookies. Tombol ini bisa digunakan oleh siapapun, baik pembaca atau saya sendiri.

Menonaktifkan Tayangan iklan pada situs web dengan JavaScript

Dan hasilnya tidak ada satupun iklan yang tayang pada Blog ini, semua unit iklan tidak dimuat sama sekali dan kode iklan disembunyikan. Cara ini sudah saya terapkan sejak tahun 2020 lalu, sudah satu tahun lebih blog saya terhindar dari pembatasan penayangan iklan.

Tidak Ada tayangan iklan sama sekali

 

Trafik tidak valid wajib kita hindari, bukan hanya bisa menyebababkan tayangan iklan dibatasi. Tapi juga bisa mengurangi pendapatan. Pendapatan hasil klik dari pengunjung yang jejaknya mencurigakan akan terpotong sendiri pada akhir pembayaran, dan nilainya bahkan menjadi lebih besar lagi. Uang tersebut akan kembali kepada pengiklan...

Mungkin ada yang ingin sobat tanyakan disini, boleh tinggalkan komentarnya. Aku online tiap hari dari jam 8-20 malam, siap membalas dan menjawab pertanyaan sobat.

Post a Comment for "Tips Mengatasi Trafik tidak valid Iklan Adsense"